Kemenhub Siapkan 2 Skema Ganjil Genap di Lokasi Wisata

Kompas.com - 21/09/2021, 09:02 WIB
Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona. KOMPAS.com/AGIE PERMADIPetugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus corona.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih melakukan pembahasan soal penerapan aturan ganjil genap di tempat-tempat wisata selama penerapan PPKM.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, pembahasan saat ini masih dibicarakan, terutama terkait masalah jadwal atau waktu implementasinya.

"Belum selesai, ada sejumlah pembahasan yang masih dirumuskan. Paling utama terkait soal waktu pelaksanaan ganjil genapnya, apakah akan dimulai dari Jumat selama tiga hari atau Sabtu selama dua hari hingga Minggu," ucap Budi saat dihubungi Kompas.com, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Cara Merawat Power Steering Elektrik, Jangan Sampai Aki Soak

Menurut Budi, pembahasan waktu tepat pelaksanaan ganjil genap dilakukan karena adanya sejumlah masukan.

Situasi arus lalu lintas di kawasan bundaran tugu lampu Gentur Pos TMC Cianjur, Jawa Barat, saat pemberlakuan sistem ganjil genap jalur Puncak, Jumat (3/9/2021) petang.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Situasi arus lalu lintas di kawasan bundaran tugu lampu Gentur Pos TMC Cianjur, Jawa Barat, saat pemberlakuan sistem ganjil genap jalur Puncak, Jumat (3/9/2021) petang.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, antara satu lokasi wisata dengan tempat wisata lainnya juga memiliki perbedaan karakteristik, seperti beda tingkat keramaian lalu lintas, kepadatan, sampai kewenangan dari sisi lokasi tempat wisata berada.

Lantaran itu, sambil menunggu masukan-masukan para pakar, menurut Budi kemungkinan besar nantinya ganjil genap di tempat wisata untuk membatasi mobilitas selama PPKM akan memiliki dua skema.

Baca juga: Kawasan Puncak Tetapkan Ganjil Genap Permanen

"Intinya yang ingin kami atur itu pola ganjil genapnya mulai hari apa. Seperti di Puncak itu kan pemerintah daerahnya minta tiga hari dari Jumat sampai Minggu, tapi belum tentu tempat wisata lain sama," ujar Budi.

Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) petang. Terhitung hari ini jajaran Satlantas Polres Cianjur mulai memberlakukan ganji genap.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) petang. Terhitung hari ini jajaran Satlantas Polres Cianjur mulai memberlakukan ganji genap.

"Jadi kemungkinan nanti ada dua skema ganjil genapnya, ada yang dua hari ada juga yang tiga hari. Itu sedang dibahas juga apakah akan seperti itu atau ada masukan dan kajian lain," kata Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.