PPnBM 25 Persen, Masih Ada MPV Murah di Bawah Rp 200 Juta?

Kompas.com - 06/09/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi perbandingan Avanza dan Confero KOMPAS.com/DIO DANANJAYAIlustrasi perbandingan Avanza dan Confero

JAKARTA, KOMPAS.com - Turunnya diskon PPnBM menjadi 25 persen pada September 2021, membuat harga mobil yang menikmati relaksasi PPnBM kembali terkerek menjadi mahal.

Salah satunya di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah. Bila diperhatikan, kenaikan harganya cukup tinggi dibandingkan Agustus lalu.

Namun jangan khawatir, bagi yang masih berminat untuk meminang MPV murah dengan bujet terbatas, misal di bawah Rp 200 juta, masih ada beberapa yang bisa dipertimbangkan.

Baca juga: PPnBM 25 Persen, Banderol MPV Murah Ramai-ramai Naik September Ini

Bahkan ada yang harga yang bisa dibilang 11-12 dengan mobil murah ramah lingkungan alias LCGC.

Meski demikian, jangan berharap lebih, karena biasanya secara fitur tak banyak yang bisa disajikan, demikian juga untuk pilihan transmisinya.

Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara

Lalu apa saja MPV murah yang tersisa saat ini dengan harga di bawah Rp 200 juta ?

Pilihan pertama dari MPV andalan Daihatsu, yakni Xenia. Dengan modal Rp 193,7 juta, konsumen bisa mendapatkan Xenia varian X 1.300 cc dengan transmisi manual yang merupakan versi termurah.

Masih dengan kisaran yang tak jauh berbeda, selain Xenia ada juga Toyota Avanza varian 1.300 cc E standar. Model terendah ini dipasarkan sebesar Rp 197,5 juta, sementara yang E MT biasa mencapai Rp 199,9 juta.

Wuling Confero SDOK. WULING Wuling Confero S

Pilihan lain yang harganya cukup bersaingan dengan LCGC adalah Wuling Confero. MPV murah pabrikan asal China ini dijual cukup ekonomis, yakni Rp 146,3 juta untuk varian 1.5 manual double blower.

Baca juga: Beli Toyota Avanza, Masih Bisa Dapat Diskon PPnBM 100 Persen

Masih ada juga pilihan lain Confero lainnya, yang dipasarkan dari Rp 169,8 juta hingga Rp 191,3 juta untuk model tertinggi dengan Auto Clutch Transmission (ACT).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.