Kompas.com - 05/09/2021, 18:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur keselamatan merupakan bagian penting pada mobil yang tidak terlepas dari upaya produsen meningkatkan kenyamanan selama berkendara. Terlebih kendaraan terkait sudah tergolong premium dengan harga yang tinggi.

Pada segmen multi purpose vehicle (MPV) premium misalkan, fitur tersebut amat penting untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Di pasar ini, sedikitnya terdapat dua produk yang diantisipasi bakal memanas yaitu Toyota Alphard dan Hyundai Staria.

Tim Kompas.com sebelumnya sudah membahas perbandingan atas eksterior, interior, dan performa dari kedua model tersebut. Lantas bagaimana dengan fitur keamanannya?

Baca juga: Adu Performa Toyota Alphard dan Hyundai Staria

Toyota New AlphardDOK. TOYOTA Toyota New Alphard

Dari Alphard terbaru, di varian tertingginya yaitu 3.5 Q, hadir dual-SRS Airbag di depan, ditambah side airbag dan curtain airbag, dan knee airbag.

Tentu saja, fitur esensial seperti Anti-Lock Braking System (ABS), dengan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) juga tersedia, hal ini juga ditunjang dengan performa rem cakram di seluruh roda.

Alphard juga dilengkapi Traction Control (TC), Vehicle Stability Control (VSC), dan juga Hill-Start Assist (HSA) agar mobil tetap stabil dan mudah dalam menaklukkan berbagai medan jalan khususnya menanjak atau curam.

Selain itu, ada delapan sensor ultrasonik yang tersebar di depan dan belakang mobil. Sensor-sensor tersebut berfungsi untuk mengidentifikasi kendaraan lain dan objek statis di sekitar mobil yang bisa memicu kecelakaan.

Baca juga: [VIDEO] Hyundai Staria, Ulasan Lengkap MPV Mewah Rp 1 Miliar

Hyundai Staria Hyundai Staria

Sementara pada Staria, terdapat fitur keselamatan serupa. Hanya saja bagi airbag lebih banyak di varian 9-seater karena jumlah penumpang yang ada pada kabin lebih banyak pula.

Khusus fitur keselamatan aktifnya, Alphard sudah disematkan paket Toyota Safety Sense sebagai standar. Paketnya cukup lengkap, dan terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, dan Automatic High Beam.

Selain itu, hadir juga Blind Spot Monitoring (BSM), Rear-Cross Traffic Alert (RCTA), dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.