Gagal Dalam Ujian SIM, Polisi Sediakan Bimbel di Polres

Kompas.com - 03/09/2021, 09:42 WIB
Salah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik. KOMPAS.com / HamzahSalah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik.

JAKARTA, KOMPAS.com – Ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) barangkali masih menjadi sesuatu yang menakutkan bagi sebagian orang. Tak sedikit orang yang harus mengulang atau gagal berkali-kali dalam pembuatan SIM baru.

Sebagai solusi, kepolisian punya cara jitu agar para pemohon bisa lulus ujian dan memiliki SIM yang diinginkan.

Seperti Satlantas Polres Cilegon yang memberikan pelatihan lewat bimbingan belajar ujian SIM bagi masyarakat Kota Cilegon dan sekitarnya.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Honda Setelah PPnBM 25 Persen

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat menyaksikan layanan pembuatan SIM D bagi penyandang disabiitas di Satpas Polresta Malang Kota.KOMPAS.COM/Dok. Kombes Pol Leonardus Simarmata Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat menyaksikan layanan pembuatan SIM D bagi penyandang disabiitas di Satpas Polresta Malang Kota.

Kasatlantas Polres Cilegon AKP Yusuf Dwi Atmodjo, mengatakan, inovasi dan terobosan terbaru dalam pelayanan ini untuk membantu masyarakat yang tidak lolos dalam ujian bagi pemohon SIM.

“Kami melakukan terobosan ini dengan nama Remedial Teaching,” ujar Yusuf, dilansir dari laman Korlantas Polri (2/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jangan galau kalau gagal ujian teori maupun praktek, nantinya masyarakat bisa mengikuti bimbingan belajar melalui program ini yang diadakan setiap hari Sabtu,” kata dia.

Untuk diketahui, tarif pembuatan SIM telah diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca juga: 5 Ruas Tol Bandung Berlaku Ganjil Genap hingga Malam Hari

Smart SIM KOMPAS.com/Gilang Smart SIM

Berikut adalah rincian tarif membuat SIM secara keseluruhan:

1. Tarif Membuat SIM C Rp. 100.000
2. Tarif Membuat SIM C1 Rp. 100.000
3. Tarif Membuat SIM C2 Rp. 100.000
4. Tarif Membuat SIM A Rp. 120.000
5. Tarif Membuat SIM A Umum Rp. 120.000
6. Tarif Membuat SIM B1 Rp. 120.000
7. Tarif Membuat SIM B1 Umum Rp. 120.000
8. Tarif Membuat SIM B2 Rp. 120.000
9. Tarif Membuat SIM B2 Umum Rp. 120.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.