MAB Serahkan Bus Listrik MD 12E NF ke Perusahan Kertas

Kompas.com - 31/08/2021, 17:32 WIB
Bus listrik MAB tipe MD 12E NF MABBus listrik MAB tipe MD 12E NF

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) kembali menyerahkan satu unit bus listrik garapannya kepada PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Selasa (31/8/2021).

Bus listrik dengan tipe MD 12E NF ini merupakan realiasi dari dua unit yang telah dipesan PT RAPP, sesuai Perjanjian Jual Beli Bus Listrik Nomor : 189/RAPP/TRANSPORT/CPU/IV/2021, yang telah ditandatangani pada 1 Mei 2021. Namun untuk model satunya lagi berdimensi 8 meter.

Kelik Irwanto, Presiden Direktur MAB mengatakan, bus listrik MAB tipe MD 12E NF tersebut merupakan hasil riset dan pengembangan MAB yang telah dilakukan bertahun-tahun untuk menyempurnakan baik fisik maupun sektor performa, sehingga mampu menghasilkan bus listrik karya anak bangsa yang berkualitas tinggi.

Baca juga: Kenapa Bus di Indonesia Dijual dari Sasis Saja?

"Pembelian dua unit bus yang terdiri dari satu unit besar(12 meter) dan satu unit bus medium (8 meter) dari RAPP, membuktikan kepercayaan yang tinggi dari konsumen akan produk-produk MAB," ucap Kelik dalam keterangan resminya, Selasa (31/8/2021).

Moeldoko serahkan Bus listrik MAB tipe MD 12E NF ke PT RAPPMAB Moeldoko serahkan Bus listrik MAB tipe MD 12E NF ke PT RAPP

Lebih lanjut Kelik mengatakan, ke depan MAB akan mengembangkan portofolio jajaran produknya dengan varian-varian seperti low entry, normal floor, intercity bus, dan city bus.

Sebelum unit bus listrik tersebut diserahkan, perusahan yang digawangi oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, juga sudah menjalani Factory Acceptance Test (FAT) guna memastikan unit yang diproduksi PT Karoseri Anak Bangsa (KAB) di Demak, Jawa Tengah, tersebut telah sesuai secara kualitas.

Adapun penjualan dua unit bus listik MAB pada momen kali ini, merupakan yang kedua setelah sebelumnya bus ramah lingkungan tersebut juga diboyong PT Paiton Energy.

Baca juga: Dukung Ekosistem KBLBB di Indonesia, EVCuzz Siap Perbanyak SPKLU

Bus listrik MAB tipe MD 12E NFMAB Bus listrik MAB tipe MD 12E NF

"Kami berharap MAB dapat berkontribusi dan mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi polusi udara," ucap Kelik.

Berikut spesifikasi bus listrik MD 12E NF ;

  • Kapasitas penumpang : 53 orang
  • Dimensi : PxLxT 12.000mm x 2.500mm x 3.750mm
  • Baterai : Tipe LifePO Water Cooled
  • Kapasitas baterai : 315,85 KWh, 519 Ah
  • Tipe motor : Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM)
  • Daya : 130 KW (Rated), 240 KW (Peak)
  • Torsi : 680 Nm (Rated), 2.500 Nm (Peak)
  • Transmisi : 4 AMT (Automated Manual Transmission)
  • Kecepatan Maksimal : 100 Km/jam
  • Kemampuan Menanjak Maks : 20 persen
  • Charging : GB/T system
  • Suspensi : Suspensi udara
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.