Recall Airbag Mobil Toyota Masih Berjalan, Ini Produk yang Terlibat

Kompas.com - 31/08/2021, 17:21 WIB
Airbag Takata Toyota Airbag Takata Toyota
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi keamanan dan kenyamanan, Toyota mengingatkan para konsumen atau pemilik mobil terkait untuk memeriksa inflator kantung udara atau airbag.

Sebab para beberapa model, komponen tersebut harus diganti karena menyimpan masalah serius, yakni bisa meledak sewaktu-waktu. Hal ini tentu bisa berbahaya bagi pengemudi dan penumpang.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, mengatakan, pihaknya pernah melakukan recall secara besar sebanyak tiga kali.

Baca juga: Diam-diam Honda N7X Sudah Bisa Dipesan?

Ilustrasi airbag yang telah meledak.garyeto.com Ilustrasi airbag yang telah meledak.

“Awalnya di tahun 2015, ini melibatkan cukup luas ya unit dari tahun 2001 sampai 2016,” ujar Anton, kepada Kompas.com (30/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dari 99.994 unit yang diperkirakan terlibat, hingga berjalan tahun 2021 ini sudah ada sekitar 50 persen yang kami bisa tangani,” kata dia.

Terkait recall sensor airbag yang dimulai tahun 2018, menurutnya model yang terlibat mencakup Alphard, Corolla, Fortuner, Innova dan Hilux lansiran 2015-2016.

Baca juga: Ini Daftar Harga Mobil Toyota yang Masih Dapat Diskon PPnBM

Airbag Inflator, komponen yang diganti dalam recall airbag Takataibtmes.com Airbag Inflator, komponen yang diganti dalam recall airbag Takata

“Ini kurang lebih sama ada sekitar 50 persen yang sudah kami tangani," ucap Anton.

"Tapi karena kedua recall di atas melibatkan mobil yang umurnya cukup tua, ini yang menjadi tantangan kami untuk bisa bantu tangani karena mungkin mobil nya sudah pindah tangan dan lain lain,” tuturnya.

Selain itu, ada juga recall curtain airbag yang dimulai tahun 2019. Karena melibatkan Rush lansiran 2017-2018 atau termasuk usia muda, kampanye pemanggilan kembali ini lebih cepat progress-nya.

Baca juga: Ada Pelat Nomor Kendaraan Warna Hijau, Sudah Tahu Fungsi dan Artinya?

Aktivitas salah satu bengkel Toyota.KompasOtomotif-Zulkifli BJ Aktivitas salah satu bengkel Toyota.

“Karena rata rata masih di tangan pertama hingga saat ini kami bisa memperbaiki 90 persen dari total 60.301 unit yang diperkirakan terlibat,” kata Anton.

Sebagai informasi, untuk mengetahui apakah mobil Anda masuk ke dalam unit yang perlu diganti airbag inflator-nya cek di http://ssc.toyota.astra.co.id/. Setelah masuk situsnya maka silakan masukkan nomor rangka mobil Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.