Yamaha Scorpio Chopper Bobber, Hasil Tarung Dua Kepala

Kompas.com - 30/08/2021, 10:02 WIB
Yamaha Scorpio chopper bobber Foto: Wahyu DiwaYamaha Scorpio chopper bobber

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua kepala lebih baik daripada satu kepala. Idiom seperti itu cukup sering terdengar, terutama untuk hal yang berkaitan dengan kerjasama tim atau kelompok.

Tapi rupanya dua kepala juga bisa jadi hambatan jika berkaitan dengan karya, atau dalam hal ini motor custom. Sebab pemilik dan bulider sama-sama punya ranah idealnya masing-masing.

Yamaha Scorpio chopper bobberFoto: Wahyu Diwa Yamaha Scorpio chopper bobber

Seperti Yamaha Scorpio custom chopper bobber satu ini. Wahyu Diwa, builder dari Diwa Creatve Studio mengatakan proses pembuatan sempat terhambat keinginan sang empunya.

Baca juga: Aleix Espargaro Antarkan Aprilia Naik Podium buat Pertama Kali

"Cerita pembuatan motor ini sang pemilik merupakan seniman yang pasti memiliki idealisme yang cukup kental, namun di sini saya memberi masukan secara fungsional dan estetika," katanya kepada Kompas.com, Minggu (29/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yamaha Scorpio chopper bobberFoto: Wahyu Diwa Yamaha Scorpio chopper bobber

Pembuatan alot karena sang pemilik membawa banyak referensi yang tentunya tidak bisa dituangkan dalam satu motor karena pertimmabangan fungsional.

"Di sini berjalan lama bahkan sempat tertunda karena tidak ada kata sepakat untuk beberapa konsep. Namun lambat laun sang pemilik setuju dengan konsep yang disarankan," katanya.

Sasis asli Scorpio dipotong-potong. Wahyu Diwa mengatakan sudut komstir dibuat rebah mengejar sosok chopper, kemudian sasis bagian belakang juga dipotong dan dirombak agar sesuai konsep.

Yamaha Scorpio chopper bobberFoto: Wahyu Diwa Yamaha Scorpio chopper bobber

Baca juga: 5 Faktor Penyebab Konsumsi Bahan Bakar Mobil Jadi Boros

"Bagian belakang dari atas monoshock dipotong dan dirombak dan dibuat drop seat. Sepatbor dibuat seperti mulut bebek menjadi uniknya motor ini," kata Diwa.

Tangki dibuat ala Harley Davidson Sportster versi mini. Lengan ayun belakang dimodifikasi lebih panjang. Kemudian suspensi belakang monoshock digusur jadi model ganda.

Yamaha Scorpio chopper bobberFoto: Wahyu Diwa Yamaha Scorpio chopper bobber

Finishing dipermanis dengan ornamen krom. Jok single seat ditambah sisibar agar kental nuansa chopper. Lampu depan bentuk segitiga jadi aksen tersendiri. Kemudian knalpot dibuat free flow agar sangar.

Karena sang empunya merupakan fans berat Pantera, dilabur warna biru muda dengan hiasan bendera bendera Konfederasi Amerika yang melambangkan pemberontakan.

Spesifikasi

Sasis asli custom
Ban: Swallow 4,50 
Pelek: depan 18 inci 2,50 belakang 16 inci 3,50
Knalpot: Diwa custom
Body: custom pelat 1,2 mm
Sok depan: original Scorpio
Sok belakang: aftermarket
Cat: Sikkens
Lampu depan: triangle
Sein: Beatz style
Stop lamp: Brat style



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.