Aleix Espargaro Antarkan Aprilia Naik Podium buat Pertama Kali

Kompas.com - 29/08/2021, 20:44 WIB
Aleix Espargaro saat sesi tes Qatar pada MotoGP 2021 Dok. ApriliaAleix Espargaro saat sesi tes Qatar pada MotoGP 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Tekad pebalap tim Aprilia Racing Aleix Espargaro untuk merebut podium yang pertama kalinya pada MotoGP Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone akhirnya tercapai.

Aleix berhasil finish di posisi ketiga setelah sempat terjadi side by side yang cukup seru dengan Jack Miller pada lap terakhir. Duel tersebut akhirnya dimenangi oleh Aleix, dan Jack Miller finis tepat di belakangnya.

Kerap dianggap sebagai penghias di kancah MotoGP, perlahan tapi pasti, tim pabrikan Aprilia mulai menunjukan taringnya.

Baca juga: Hasil MotoGP Inggris 2021 - Quartararo Juara, Marquez Jatuh, Rossi Melorot

Terbukti dengan hasil apik yang diraih oleh Aleix Espargaro pada awal MotoGP 2021. Pebalap asal Spanyol itu selalu finis di posisi 10 besar pada tiga seri pertama, yakni finis di posisi ke-7 pada MotoGP Qatar, ke-10 pada MotoGP Doha dan ke-6 pada MotoGP Portugal.

Dikutip dari Motosport.com, Aprilia pertama kali turun di MotoGP pada 2002 dengan mengandalkan RS Cube bermesin 990 cc tiga-silinder segaris yang dikembangkan oleh Cosworth. Kemudian bangkrut pada tahun 2004 dan diakusisi oleh Piaggio & Co. SpA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 2015, Aprilia kembali ke MotoGP dengan mesin RSV4 yang dikembangkan dari mesin mereka di Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) di bawah pengawasan Gigi Dall'Igna.

Aleix EspargaroFoto: Motorsport-Total.com Aleix Espargaro

Namun, pada kejuaraan MotoGP, Aprilia tidak pernah finis lebih tinggi daripada posisi keenam.

Aprilia terkahir kali naik podium kelas utama pada Kejuaraan Dunia Balap Motor pada 2000, saat kelas MotoGP masih bertitel GP500, pada saat itu pebalap kawakan Valentino Rossi masih menjadi rider pemula.

Baca juga: Live MotoGP Inggris, Marquez dan Jorge Martin Senggolan dan Kecelakaan

Aleix Espargaro pada awalnya memang mengaku kesulitan untuk tampil kompetitif karena motor RS-GP milik Aprilia sedang dalam tahap pengembangan. Namun, dengan hasil setidaknya berada di posisi 10 besar, ia merasa percaya bahwa motor RS-GP telah menunjukan perkembangan.

Aleix Espargaro kini menduduki posisi ke-9 klasemen sementara MotoGP dengan koleksi 83 poin.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.