Rencana Pembatasan Mobil Tua di Jakarta Bisa Melanggar Hak Konsumen

Kompas.com - 28/08/2021, 12:02 WIB
Mobil Kuno di IIMS 2018 KOMPAS.com / Aditya MaulanaMobil Kuno di IIMS 2018
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebijakan pelarangan mobil berusia di atas 10 tahun ke atas untuk melintas di jalanan Ibu Kota telah menjadi wacana sejak awal 2021.

Ide ini muncul setelah aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

Dalam regulasi itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan jajarannya untuk memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai dari tahun 2019.

Baca juga: Mau Kredit Toyota Fortuner, Gaji Per Bulan Minimal Rp 30 Juta

Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

“Saya memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada tahun 2025,” tulis Anies dalam Ingub tersebut.

Menanggapi rencana pembatasan mobil tua, David Tobing, Praktisi Hukum Perlindungan Konsumen, mengatakan, kebijakan itu bisa melanggar hak konsumen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Maksud saya jangan dilarang dong ya, tapi kalau dibuat regulasinya, misal uji emisi, oke saja. Karena memang kewajiban merawat mobil tua ini harus betul-betul, jangan membuat polusi, dan sebagainya,” ujar David, dalam webinar (27/8/2021).

Baca juga: Bukan Hanya Berangkat Malam, Bus AKAP Kini Ada Angkatan Pagi

Beragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekasKompas.com/Dio Beragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekas

Ia juga mengatakan, pengenaan pajak yang tinggi untuk mobil tua tidak tepat. Pasalnya, tidak semua mobil usia 10 tahun ke atas memiliki harga yang tinggi di pasaran.

“Jadi memang pembatasan-pembatasan itu melanggar hak juga, saya pikir enggak relevan. Apalagi masih bayar pajak,” ucap David, yang juga berprofesi sebagai advokat.

“Menurut saya lambat laun pasti akan berkurang. Kalaupun mereka merawat, tentunya betul-betul yang hobi,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.