Berkendara Motor Malam Hari Itu Lebih Melelahkan

Kompas.com - 28/08/2021, 11:22 WIB
Motor tabrak motor INSTAGRAM/DASHCAMINDONESIAMotor tabrak motor

JAKARTA, KOMPAS.comMengendarai motor saat malam hari memang memiliki beberapa kelebihan, misalnya udara yang adem dan tidak silau. Namun sebenarnya, mengendarai motor di malam hari butuh konsentrasi lebih tinggi.

Jika kurang konsentrasi, bisa saja terjadi tabrakan yang konyol. Seperti kejadian tabrakan yang diunggah akun Dashcam Indonesia di Instagram, seorang pengendara motor menabrak motor lain yang mau belok ke kanan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara tersebut nampaknya kurang konsentrasi, sehingga dia tidak mengatur kecepatan dan mencegah potensi bahaya yang ada di depannya.

Baca juga: Valentino Rossi Adalah Pebalap Tidak Normal

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Konsentrasi saat berkendara menjadi faktor penting saat mengendarai motor. Dengan konsentrasi, pengendara jadi lebih fokus pada situasi jalan dan lingkungan berkendara,” kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (27/8/2021).

Agus mengatakan, berkendara di malam hari, dengan kondisi penerangan yang kurang, harus lebih waspada dan hati-hati. Jika berkendara penuh konsentrasi, maka bisa memprediksi potensi bahaya dan mengatur kecepatan dengan aman, sesuai kondisi jalan.

Baca juga: Bukan Hanya Berangkat Malam, Bus AKAP Kini Ada Angkatan Pagi

“Pada dasarnya kondisi berkendara di malam sangat berbeda dengan siang. Selain kurangnya cahaya, malam hari secara jam biologis manusia memang waktu untuk beristirahat,” ucap Agus.

Memang ada orang yang terbiasa berkendara malam hari, jadi punya stamina yang cukup. Namun yang paling penting adalah menjaga konsentrasi saat berkendara, sehingga bisa mengambil keputusan yang tepat saat di jalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.