Mobil Box Terlibat Tabrakan Beruntun, Sopir Sampai Terjepit

Kompas.com - 28/08/2021, 07:02 WIB
Ilustrasi kecelakaan yang dialami mobil box hingga membuat sopir terjepit. Screenshot Instagram @dashcamindonesiaIlustrasi kecelakaan yang dialami mobil box hingga membuat sopir terjepit.

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan niaga belakangan sering terjadi. Umumnya risiko cidera yang dialami sopir atau penumpang mobil angkutan barang bisa lebih besar lantaran mobil jenis ini tidak memiliki bonnet atau kap mesin.

Seperti kejadian yang menimpa Mitsubishi Colt jenis mobil box yang diunggah akun Instagram @dashcamindonesia (28/8/2021).

Disebutkan bahwa insiden tersebut terjadi di kawasan Jatinegara di bawah Tol Layang Wiyoto Wiyono, atau lebih tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jakarta Timur.

Baca juga: Gaji Per Bulan Harus Rp 12 Jutaan Baru Bisa Kredit Daihatsu Rocky

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Terlihat bahwa dalam kecelakaan beruntun itu, melibatkan beberapa mobil, Colt tersebut menjadi korban yang paling parah. Meski begitu, belum diketahui apa penyebab kecelakaan tersebut.

Untuk diketahui, bagian fascia mobil sampai hancur seluruhnya. Tragisnya, sopir mobil box itu terjepit bagian dasbor mobil. Beruntung sopir masih selamat dan berhasil dikeluarkan dari dalam mobil dibantu warga sekitar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rusaknya bagian depan mobil, sampai membuat sopir terjepit, tentu diakibatkan karena struktur bodi yang berubah. Hal ini salah satunya disebabkan karena tidak adanya crumple zone.

Baca juga: Mau Kredit Toyota Fortuner, Gaji Per Bulan Minimal Rp 30 Juta

Ilustrasi kecelakaan tabrakan mobil di Jakarta.Stanly/KompasOtomotif Ilustrasi kecelakaan tabrakan mobil di Jakarta.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, mengatakan, crumple zone merupakan bagian yang dirancang untuk menyerap benturan saat terjadinya kecelakaan.

“Bagian depan dan belakang mobil adalah bagian yang rawan benturan dan paling sering penyok,” ujar Didi, kepada Kompas.com belum lama ini.

Sehingga saat bodi mobil yang rusak parah itu menyerap energi tabrakan, insiden tidak berimbas terlalu parah pada struktur dalam mobil.

Baca juga: Waspada Flag-to-flag, Rossi Tetap Optimistis Jelang MotoGP Inggris

Kecelakaan beruntun di Interstate 35 dekat Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Tabrakan ini melibatkan 75-100 kendaraan di jalan berselimut es. Sedikitnya 5 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.THE DALLAS MORNING NEWS/LAWRENCE JENKINS via AP Kecelakaan beruntun di Interstate 35 dekat Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Tabrakan ini melibatkan 75-100 kendaraan di jalan berselimut es. Sedikitnya 5 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Namun memang fungsi crumple zone tidak akan cukup kuat untuk menahan benturan kendaraan yang berjalan pada kecepatan tinggi.

“Sebab, jika kecepatan over, mau safety zone sekuat apapun pasti efeknya akan parah,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.