Ambulans Punya Hak Istimewa, Bisa Salip Mobil Presiden

Kompas.com - 26/08/2021, 13:01 WIB
|


SAMARINDA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan mobil ambulans menyalip iring-iringan kendaraan pengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kejadian itu terjadi saat iring-iringan kendaraan pengawal Jokowi melintasi Jalan DI Pandjaitan, Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (24/8/2021).

Dalam video tersebut, terlihat kendaraan pengawal Jokowi memberi jalan mobil ambulans yang melaju di jalur. Adapun video itu diambil oleh seorang warga yang berada di tepi jalan itu.

Baca juga: Kirim Surat, Menperin Minta Menkeu Perpanjang Diskon PPnBM

Pemindahan warga dari rumah mereka ke tempat isolasi terpusat dengan menggunakan ambulans dan pengawalan polisi pada Senin (2/8/2021)Dok. Polres Blitar Kota Pemindahan warga dari rumah mereka ke tempat isolasi terpusat dengan menggunakan ambulans dan pengawalan polisi pada Senin (2/8/2021)

Mengutip Kompas.com Regional, sopir ambulans tersebut ialah Ahmad Faisal. Saat itu dia membawa seorang pasien dengan keluhan kencing dan buang air besar berdarah dari Puskesmas Sungai Siring menuju RSUD Abdul Wahab Sjahranie, Samarinda sekitar pukul 11.00 Wita.

"Dalam perjalanan ketemu rombongan. Saya tahu memang kalau Pak Presiden mau datang. Tapi yang saya enggak tahu, ternyata rombongan yang saya salip ini Pak Presiden," ungkap Ahmad saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/8/2021).

Ahmad mengatakan, awalnya dia menyalip beberapa mobil minibus. Kemudian karena pasien sudah terbaring lemah dengan diagnosa hemoglobin rendah dia mulai mempercepat laju kendaraan.

Baca juga: Honda Melempem di MotoGP 2021, Belum Ada Pebalap Masuk 10 Besar

Pemindahan warga dari rumah mereka ke tempat isolasi terpusat dengan menggunakan ambulans dan pengawalan polisi pada Senin (2/8/2021)Dok. Polres Blitar Kota Pemindahan warga dari rumah mereka ke tempat isolasi terpusat dengan menggunakan ambulans dan pengawalan polisi pada Senin (2/8/2021)

Saat tiba di Jalan DI Pandjaitan, Ahmad baru mengetahui ternyata rombongan tersebut adalah rombongan presiden setelah ia melihat plat mobil hitam depannya bertuliskan RI 1.

"Kagetlah saya. Bingung mau nyalip atau enggak, mau nyalip atau enggak. Takut-takut juga saya kan," katanya.

Di saat bersamaan, seorang pengawal presiden menggunakan sepeda motor memberi isyarat ke dia agar maju menyalip.

"Akhirnya saya maju, saya bukakan kaca, saya bilang izin Pak. Kaca mobil Pak Presiden terbuka juga, dia melambaikan tangan, baru saya maju," kata Ahmad.

Baca juga: PPKM Level 3, Ganjil Genap di Bogor Tetap Berlaku

Pengendara motor yang diduga menghalangi laju ambulans pada saat sedang bertugas di jalan raya.Tiktok.com/Rizki_ambulance Pengendara motor yang diduga menghalangi laju ambulans pada saat sedang bertugas di jalan raya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.