Bahaya, Jangan Pakai Air Mineral buat Isi Aki Basah

Kompas.com - 25/08/2021, 13:41 WIB
Tambah air aki mobil SuparnaTambah air aki mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki merupakan komponen pada kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menyimpan tenaga listrik dalam bentuk energi kimia. Sehingga, saat para pengemudi hendak mengaktifkan beragam fitur dan mesin, membutuhkan aki.

Pada umumnya, aki terbagi menjadi dua jenis yaitu kering dan basah dengan masing-masing kelebihan. Aki basah sendiri, membutuhkan cairan elektrolit berupa asal sulfat untuk menyimpan energi listrik.

"Usia pakai aki basah itu bisa berkurang apabila kekurangan cairan. Tetapi, perlu diketahui air aki mengandung timah antimoni yang bisa menguap jika digunakan terus-menerus," kata Dealer Technical Support Dept PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Masih Ada Saja Pengendara Motor yang Akrobat di Jalan Raya

Ganti akiabe Ganti aki

Oleh sebab itu, jangan menggunakan cairan sembarangan dalam mengisi air aki khususnya air mineral.

Lagipula, dilansir dari beberapa sumber hal ini dapat merusak aki karena terdapat perbedaan reaksi kimia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Yang direkomendasikan air aki yang tutup biru (air suling). Pengisian dengan air mineral memungkinkan kandungan mineral pada air tersebut bisa menurunkan kapasitas aki. Bisa merusak kualitas aki," ujar Didi.

Memaksakan mengisi cairan selain air aki ke dalam aki basah dapat mengurangi usia pakai aki tersebut. Maka dari itu, jangan pernah sesekali mencoba mengisi aki dengan air mineral.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.