Kompas.com - 25/08/2021, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini tersebar video pengendara motor yang melakukan atraksi berbahaya di jalan raya.

Aksi tersebut diunggah oleh akun instagram @agoez_bandz4, Selasa (24/8/2021). Dalam rekaman itu terlihat pembonceng berusaha menaiki pundak pengendara motor yang sedang melaju di jalan raya.

Alih-alih menghentikan kendaraannya, pengendara motor itu pun tetap melaju sambil menggendong pemboceng di atas jok motornya.

Atraksi seperti ini memang bukan pertama kali dilakukan di jalan raya, tetapi sudah sering terjadi. Tentu hal ini sangat berbahaya karena selain mencelakaan diri sendiri, bisa membuat orang lain terkena imbasnya.

Baca juga: Kenali Penyebab Oli Motor Jadi Gampang Boros

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang Agus Sani mengatakan, atraksi di atas jok motor ini karena gaya-gayaan saja yang dilakukan oleh anak muda bersama teman-temannya.

“Terkadang anak muda kan ingin terlihat keren, padahal belum menguasai keterampilan berkendara,” ujar Agus kepada Kompas.com, Selasa (24/8/2021).

Menurut Agus, aksi seperti ini biasanya dilakukan oleh stunt rider atau freestyler yang sudah profesional. Sebab, menyeimbangkan motor untuk melakukan aksi seperti ini memang sulit, mereka juga latihannya bukan di jalan raya namun di tempat yang sepi dan memang aman.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

“Sekalipun mampu, aksi seperti itu tidak akan dilakukan stunt rider di jalan raya, tapi hanya saat pertunjukan saja,” kata dia.

Oleh karena itu, perlu diingat lagi tujuan berkendara di jalan raya yaitu agar aman dan selamat sampai tujuan.

“Jadi kalau tujuannya ingin gaya-gayaan atau atraksi, sebaiknya tidak dilakukan di jalan raya,” ucap Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.