Buka Kaca Mobil saat Berkendara Bikin Boros BBM, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 24/08/2021, 18:22 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Hambatan udara saat mobil melaju kencang tidak hanya berpengaruh terhadap kestabilan pegerakan, tapi juga urusan efisiensi bahan bakar kendaraan.

Sehingga dalam keadaan tertentu, tak jarang pengguna yang hanya membuka kaca jendela sedikit untuk menghemat konsumsi BBM. Tujuannya jelas, untuk bisa sampai di SPBU terdekat.

Lantas, benarkah anggapan tersebut? Dealer Technical Support Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi tidak menampiknya. Sebab, dalam ilmu aerodinamika memang dikenali konsep sama.

Baca juga: Simak Aturan Naik Ojek Online Selama Masa Perpanjangan PPKM

Ilustrasi Aerodinamika.2.bp.blogspot.com Ilustrasi Aerodinamika.

“Seperti contoh, membuka atau menutup jendela mobil saat melaju dalam kecepatan tinggi punya efek berbeda. Semakin jendela dibuka, maka laju mobil akan ditahan oleh udara yang masuk ke dalam mobil,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, saat mobil tertahan oleh angin, pergerakannyal akan terhambat. Pengaruhnya adalah efesiensi bahan bakar yang tidak optimal. Jadi memang sebaiknya, jendela mobil ditutup ketika mobil melaju dengan kecepatan cukup tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, di dalam buku Pengenalan Bodi Otomotif karangan Buntarto disebutkan, untuk aerodinamika mobil umum ilmu tersebut dimanfaatkan untuk mendesain mobil agar menghasilkan bentuk yang memiliki hambatan udara sekecil mungkin.

Baca juga: Beli Sepeda Motor Bekas, Ini Biaya Balik Namanya

Hal ini berujung pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Faktor yang membuat bensin irit bukan hanya sekedar aerodinamis, melainkan juga perilaku berkendara.

“Memang pengaruhnya tidak begitu besar untuk efesiensi bahan bakar. Tetapi, paling tidak, dengan desain mobil yang aerodinamis, mobil akan tampak lebih futuristik dan bernilai artistik dibanding mobil dengan desain yang kaku,” tulis pernyataannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.