Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Kecanggihan MPV Premium Hyundai Staria

Kompas.com - 21/08/2021, 10:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi menghadirkan Staria guna mengisi ceruk segmen multi purpose vehicle (MPV) premium pasar dalam negeri lewat seremoni virtual, Jumat (20/8/2021).

Hadir dengan status impor CBU, Staria ditawarkan dalam dua tipe, yakni 7 Signature dan 9 Signature. Mobil dengan penampilan futuristik dan modern tersebut dihargai mulai dari Rp 888 juta on the road DKI Jakarta. Kini, Staria sudah siap menyapa pecintanya di diler resmi.

"Staria bukan hanya produk inovatif yang akan mendukung kebutuhan mobilitas pelanggan, tapi juga memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan akses kenyamanan maksimal sekaligus produktif," ujar Presiden Direktur PT HMID SungJong Ha dalam siaran pers.

Baca juga: Resmi Tantang Alphard, Hyundai Staria Dibanderol Mulai Rp 888 Juta

Hyundai StariaKOMPAS.com/Adityo Hyundai Staria

Lantas, apa saja keistimewaan dari penantang Toyota Alphard itu?

Berdasarkan lembar spesifikasi, Staria sudah disematkan beragam fitur keselamatan serta hiburan terbaru nan canggih, di samping karakteristiknya yang unik.

Pada tampilan depan, terpampang grill ekslusif yang disandingkan dengan LED horizontal melintang secara keseluruhan di sepanjang muka mobil. Lalu lampu depannya menggunakan LED projector yang ditempatkan di setiap sisi luar gril.

Tampilan semakin elegan dan futuristik dengan penggunaan warna permukaan bernuansa Dark Chrome dan Tinted Brass Chrome. Warna-warna tersebut juga disematkan pada gril depan, rangka lampu depan, cover spion luar, emblem, dan hendel pintu.

Di belakang, konfigurasi lampu juga dibuat menarik dengan tampak menyatu dari atas sampai menyentuh bemper.

Baca juga: Hyundai Staria Incar Pengusaha Muda dengan Keluarga Besar

Hyundai Staria Hyundai Staria

Kemudian dari sisi interior, Staria dilengkapi layar instrumen TFT LCD berukuran 10,25 inci dan panel hiburan berlayar sentuh 8 inci yang turut dilengkapi Radio AM/FM, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fasia tengah, dan tombol transmisi Shift by-Wire.

Mobil ini juga memiliki ambient mood light yang menerangi kokpit, konsol, pintu, area penyimpanan bagasi. Lalu terdapat dual sunroof di plafon dengan fitur tilting & slide yang dapat disesuaikan.

Khusus fitur keamanan dan keselamatan, Staria sudah sangat lengkap seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW), Safe Exit Assist (SEA), dan Safe Exit Warning.

Tak sampai di sana, juga dibenamkan fitur Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Surround View Monitor (SVM), serta Smart Power Tailgate dan Smart Power Sliding Door.

Baca juga: Ganti Oli Mesin dan Gardan Skutik Beda Waktu, Ini Alasannya

Hyundai Staria Hyundai Staria

Jadi, penumpang dan pengemudi bisa secara mudah mendeteksi bahaya saat mobil sedang diam maupun berjalan. Sebagai contoh, ketika ada kendaraan di depan atau pejalan kaki, FCA bakal aktif sehingga mobil ngerem otomatis.

Kemudian, melalui BVM titik blindspot saat berkendara juga bakal semakin tipis atau sedikit karena pengemudi dapat melihat situasi jalan ketika hendak pindah jalur.

Sementara LKA akan mendeteksi marka jalan pada kecepatan tertentu. Bila kendaraan mulai keluar jalur, sistem akan memberikan peringatan visual dan audio. Jika diperlukan, roda kemudi bakal diintervensi supaya tetap berada di jalur.

Untuk dapur pacunya, Staria dibekali mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8 kecepatan. Konfigurasi mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 177 PS di 3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm di 1.500 sampai dengan 2.500 rpm.

Berikut daftar harga Hyundai Staria OTR DKI Jakarta:

- STARIA Signature 7: Rp 1,020,000,000
- STARIA Signature 9: Rp 888,000,000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com