Bukan Lagi Produsen Tunggal, Mitsubishi Pastikan Ekspor Xpander Naik

Kompas.com - 19/08/2021, 07:22 WIB
Pabrik Mitsubishi di Indonesia. IstimewaPabrik Mitsubishi di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia saat ini bukan lagi sebagai produsen tunggal Mitsubishi Xpander di dunia, karena Vietnam dan Malaysia sudah mulai merakit secara lokal.

Strategi ini merupakan keputusan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) selaku prinsipal untuk meningkatkan penetrasi bisnis di pasar Asia, terutama wilayah ASEAN. Sekaligus, memperkuat posisi Xpander sebagai mobil penumpang terlaris Mitsubishi di dunia saat ini.

"Meski demikian, komponen dari Xpander akan tetap berasal dan diproduksi di Indonesia. Jadi, kami masih berkontribusi pada peningkatan perdagangan internasional," ujar Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam diskusi virtual, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Jelang Akhir Insentif PPnBM, Distribusi Xpander Mulai Lancar

Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black EditionKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition

Hanya saja, ia tidak bisa menyebutkan secara pasti komponen apa saja yang masih diproduksi dan akan diekspor ke negara terkait agar bisa memproduksi Xpander secara utuh.

Namun Tsuchida memastikan bahwa ekspor MMKSI akan terus bertambah, termasuk dengan negara tujuannya tiap tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ke depannya, tujuan ekspor selalu bertambah dari tahun ke tahun. Jadi, tak ada pengurangan karena kita akan tambah terus," kata dia.

Baca juga: Imbas Insentif PPnBM, Penjualan Mitsubishi Indonesia Bergerak Positif

Untuk diketahui, Xpander awalnya hanya diproduksi di pabrik Cikarang, Bekasi, Jawa Barat mulai September 2017. Seiring dengan hal itu, produsen menyebut bila Indonesia akan menjadi basis produksinya.

Dengan beragam keunikan yang dimiliki Xpander, pada tahun pertamanya MMKSI kebanjiran pemesanan. Bahkan, kapasitas pabrik sampai dinaikkan dari 160.000 unit menjadi 200.000 unit per tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.