Mengenal Jetbus 3+ MHD, Bodi Favorit Bus AKAP

Kompas.com - 18/08/2021, 18:01 WIB
Bus AKAP PO Rosalia Indah Instagram/hisyam_2542Bus AKAP PO Rosalia Indah

JAKARTA, KOMPAS.com – Melakukan perjalanan ke luar kota dengan bus memang masih menjadi pilihan sebagian orang. Penumpang hanya tinggal membayar tiket, tidak perlu pusing ongkos untuk bayar tol maupun isi bahan bakar.

Selain itu, bus zaman sekarang juga sudah banyak yang memiliki bagasi luas, bahkan bisa membawa motor. Salah satu bodi bus yang punya kemampuan mengangkut motor namun bukan varian Super High Deck (SHD) adalah Jetbus 3+ MHD.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus karoseri Adiputro mengatakan, kehadiran Jetbus MHD karena mengikuti permintaan customer untuk membuat bus dengan bagasi besar tapi hanya bisa menggunakan sasis tertentu saja.

Baca juga: Kenapa Cakram Mobil Berkarat Saat Lama Diparkir?

Bus AKAP baru PO New ShantikInstagram/hisyam_2542 Bus AKAP baru PO New Shantik

“Jadi sasisnya harus Mercedes Benz OH 1626 kalau mau pakai bodi MHD. Jadi untuk dimensi busnya masih di bawah SHD tapi di atas HDD,” kata Yohan kepada Kompas.com, Rabu (18/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yohan juga mengatakan, kepanjangan dari MHD adalah Medium High Deck. Jika dibandingkan, memang varian MHD ini punya dimensi tinggi di antara HDD (3,724 meter) dan SHD (3,85 meter).

Baca juga: Benarkah Ban Bisa Aus karena Sering Lewat Jalan Beton?

Selain itu, bagasinya lebih tinggi dari HDD, sehingga bisa memuat motor. Bodi bus ini juga bisa dibilang menjadi favorit, karena dengan sasis 16 ton, bus bisa mengangkut motor dan memiliki bagasi yang lega, sehingga bisa sekalian membawa paket.

Yohan mengatakan, PO yang pertama kali menggunakan bodi ini setidaknya ada tiga, Jackal Holidays, Pandawa 87, dan Gunung Harta. Namun sekarang, sudah semakin banyak PO bus yang memakainya, mulai dari Rosalia Indah, Haryanto dan sebagainya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.