Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2021, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali sampai tanggal 23 Agustus 2021.

Dengan adanya aturan tersebut, tingkat mobilitas masyarakat juga dibatasi. Banyaknya aktivitas yang dilakukan dari rumah, membuat sebagian orang terlena hingga lupa bahwa kendaraannya butuh perawatan rutin.

Baca juga: Tiga Ruas Jalan Tol Baru Sepanjang 69 Km Siap Diresmikan

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, cakram yang ada bercak karat pada saat mobil di diamkan lama itu wajar terjadi.

Bercak tersebut memang murni noda karat yang timbul pada permukaan cakram.

"Biasanya kalau habis di cuci atau kehujanan kemudian di diamkan, cakram dapat berkarat karena air sisa tadi. Namun akan hilang jika mobil dipakai karena bergesekan dengan kampas rem," kata Didi kepada Kompas.com, Selasa (17/8/2021).

Karat pada piringan cakram mobilKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Karat pada piringan cakram mobil

Sementara itu, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, bercak karat pada cakram terjadi karena bahan dari cakram itu sendiri yang mudah berkarat.

Baca juga: Stok Toyota Rush TRD Sportivo Masih Ada, Diskon Rp 8 Juta

“Perlu diketahui, cakram itu materialnya cast iron atau besi tuang. Sudah menjadi sifat dasar bila mudah teroksidasi (pelapukan kimia) sehingga menimbulkan karat, karena memang dari pabrikan juga tidak diberi anti karat,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan, alasan piringan cakram tak diberi lapisan anti-karat bukan karena masalah memangkas ongkos produksi agar lebih murah. Kondisi tersebut dilakukan justru untuk mempertahankan fungsinya, yakni agar mudah menimbulkan friksi saat pengereman.

Cakram mobilcaranddriver Cakram mobil

“Karena bila dilapisi cairan, dikhawatirkan justru tak mampu memberi daya pengereman optimal akibat permukaan piringan yang terlalu licin,” kata dia.

Baca juga: Ini Tarif Bus AKAP Sumber Alam dari Jabodetabek Menuju Yogyakarta

Agar cakram terhindar dari bercak karat, sebaiknya saat memanaskan mobil, pemilik juga harus membawa mobil berjalan walaupun hanya sekedar keliling komplek.

Selain menghindarkan cakram rem dari karat, hal tersebut juga akan membuat ban lebih awet dan tidak menimbulkan flat spot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.