Mengenal Bodi Avante H8, Punya Model Single Glass dan Edisi Khusus

Kompas.com - 18/08/2021, 15:21 WIB
bus karoseri tentrem Kompas.com/Fathan Radityasanibus karoseri tentrem

JAKARTA, KOMPAS.com – Variasi bodi bus yang hadir di Indonesia semakin banyak. Salah satunya bus dengan bagasi yang bisa memuat beberapa unit motor.

Sebelumnya, hanya bus Super High Decker (SHD) yang bagasinya cukup luas untuk dimasuki motor. Sedangkan sekarang, sudah ada beberapa karoseri yang membuat bodi bus, tidak setinggi SHD namun bisa memuat motor di bagasinya.

Salah satu karoseri yang membuat bodi bus ini adalah Tentrem dengan bodi Avante H8. Avante H8 diperkenalkan sekitar awal tahun 2020, sebelumnya di GIIAS 2019, Tentrem memperkenalkan Avante H7, H9, dan D2.

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap Jakarta Masih Berlaku di 8 Titik Ruas Jalan Ini

Bus AKAP Avante H8XRully Novianto Bus AKAP Avante H8X

Perbedaan dari Avante H8 dengan H7 dan H9 adalah pada dimensi tingginya. H7 punya tinggi 3,7 meter, H8 dimensinya 3,8 meter dan H9 3,9 meter. Namun hal yang paling utama adalah, dengan tinggi hanya 3,8 meter, bagasinya bisa untuk membawa motor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, bodi Avante H8 juga dibuat khusus untuk dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626. Dengan begitu, sasis buatan Tentrem ini turut bersaing dengan Laksana Transporter dan Jetbus 3+ MHD buatan Adiputro.

Keunikan lainnya adalah Avante H8 punya varian single glass, yang disebut dengan Avante H8X. Baru ada satu PO bus yang memakai bodi ini, yaitu Sabar Subur dengan kelir ungu kombinasi emas, warna khas PO tersebut.

Baca juga: Lelucon Rossi Dianggap Serius, Fans Bikin Petisi Menang Sebelum Pensiun

Selain itu, pada saat pertama kali diperkenalkan, PO Mtrans memesan Avante H8 ini dengan beberapa sentuhan khusus. Avante H8 milik Mtrans ini pun diberi sebutan Flanker Edition.

Perbedaan antara H8 biasa dengan Flanker Edition ada pada bagian eksterior dan kabin. Di bagian luar, terdapat beberapa ornamen krom, baik di bagian depan, bando, dan belakang.

Bus AKAP MTrans Sultan ClassInstagram/mtransbali Bus AKAP MTrans Sultan Class

Kemudian untuk bodinya, pilar Avante H8 milik Mtrans sedikit melengkung, tidak rata seperti bus pada umumnya. Masuk ke kabin, pintu penumpang terbuka ke arah depan dengan tangga yang menempel ke dinding kiri kabin.

Dengan posisi tangga yang ada di kiri, bagian tengah bisa dijadikan kandang macan, atau tempat istirahat untuk pengemudi. Selain Mtrans, Flanker Edition ini juga dipakai oleh PO Cahaya Trans.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.