Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Jetbus 3+ MHD, Bodi Favorit Bus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.com – Melakukan perjalanan ke luar kota dengan bus memang masih menjadi pilihan sebagian orang. Penumpang hanya tinggal membayar tiket, tidak perlu pusing ongkos untuk bayar tol maupun isi bahan bakar.

Selain itu, bus zaman sekarang juga sudah banyak yang memiliki bagasi luas, bahkan bisa membawa motor. Salah satu bodi bus yang punya kemampuan mengangkut motor namun bukan varian Super High Deck (SHD) adalah Jetbus 3+ MHD.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus karoseri Adiputro mengatakan, kehadiran Jetbus MHD karena mengikuti permintaan customer untuk membuat bus dengan bagasi besar tapi hanya bisa menggunakan sasis tertentu saja.

“Jadi sasisnya harus Mercedes Benz OH 1626 kalau mau pakai bodi MHD. Jadi untuk dimensi busnya masih di bawah SHD tapi di atas HDD,” kata Yohan kepada Kompas.com, Rabu (18/8/2021).

Yohan juga mengatakan, kepanjangan dari MHD adalah Medium High Deck. Jika dibandingkan, memang varian MHD ini punya dimensi tinggi di antara HDD (3,724 meter) dan SHD (3,85 meter).

Selain itu, bagasinya lebih tinggi dari HDD, sehingga bisa memuat motor. Bodi bus ini juga bisa dibilang menjadi favorit, karena dengan sasis 16 ton, bus bisa mengangkut motor dan memiliki bagasi yang lega, sehingga bisa sekalian membawa paket.

Yohan mengatakan, PO yang pertama kali menggunakan bodi ini setidaknya ada tiga, Jackal Holidays, Pandawa 87, dan Gunung Harta. Namun sekarang, sudah semakin banyak PO bus yang memakainya, mulai dari Rosalia Indah, Haryanto dan sebagainya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/18/180100115/mengenal-jetbus-3-mhd-bodi-favorit-bus-akap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke