Sudah Hadir dari 2019, Kenapa Nissan Leaf Baru Meluncur di Indonesia?

Kompas.com - 18/08/2021, 13:21 WIB
Nissan Leaf Dok. NMDINissan Leaf
|

JAKARTA, KOMPAS.comNissan Leaf terpantau sudah dikenalkan kepada konsumen Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Ketika itu dalam ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Balai Kartini, Jakarta, PT Nissan Motor Indonesia memamerkan keunggulan mobil listrik ini.

Namun Nissan tak kunjung meluncurkan produk tersebut. Nissan malah meluncurkan Kicks e-Power dengan dalih menunggu kesiapan Indonesia menyambut era elektrifikasi.

Kini berselang dua tahun, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) baru meluncurkan Leaf secara resmi ke Tanah Air.

Baca juga: Kenapa Cakram Mobil Berkarat Saat Lama Diparkir?

Mobil listrik Nissan LeafDok. NMDI Mobil listrik Nissan Leaf

Peluncuran yang molor ini bukan tanpa alasan, President Director PT NMDI Evensius Go, mengatakan, kali ini Leaf hadir untuk mendukung tren mobil listrik di Indonesia.

“Kenapa mobil ini baru diluncurkan hari ini, padahal beberapa tahun yang lalu sudah dibawa Nissan Motor Indonesia. Jadi ini untuk mendukung program elektrifikasi pemerintah,” ujar Evensius, dalam konferensi virtual (18/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Evensius juga menambahkan, saat ini pemerintah sedang gencar mengeluarkan kebijakan untuk mendorong penjualan mobil listrik, baik untuk kendaraan roda empat maupun roda dua.

Baca juga: Benarkah Ban Bisa Aus karena Sering Lewat Jalan Beton?

Interior Nissan LeafDok. NMDI Interior Nissan Leaf

“Kami berpendapat bahwa ini saat yang paling tepat buat Nissan untuk menghadirkan Nissan Leaf di Indonesia,” ucap Evensius.

“Dan juga dengan peluncuran Nissan Leaf ini memberikan fokus buat Nissan ke depan, terutama di teknologi dan juga memberikan pengalaman berkendara bagi konsumen di Indonesia,” kata dia.

Untuk diketahui, Nissan Leaf dibekali motor listrik bertenaga 110 kW atau setara 148 tk dan torsi maksimum 320 Nm.

Leaf memiliki baterai berkapasitas 40 kWh yang memungkinkan mobil listrik ini melaju hingga 311 km dalam sekali pengisian daya hingga penuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.