Apa Fungsi Besi yang Menonjol di Bawah Bumper Belakang Bus?

Kompas.com - 16/08/2021, 11:02 WIB
Per penyeberangan di bus fuat cepat selamatPer penyeberangan di bus

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan alat transportasi yang masih digunakan sampai saat ini. Berbagai jenis jalanan dilewati bus, mulai dari yang berbukit, berkelok, sampai antar pulau dengan menaiki kapal feri.

Jika diperhatikan, pada beberapa bus dengan trayek yang jauh, di bagian bawah bumper belakang terdapat sebuah besi pelindung. Besi ini bukan cuma untuk menaruh aksesori, melainkan punya fungsi yang penting.

Development Design karoseri New Armada Deddy Hermatan mengatakan, besi yang ada di bawah bumper belakang punya sebutan per penyeberangan. Fungsinya adalah mengamankan bodi belakang bus dari jembatan di pelabuhan saat bus masuk ke kapal.

Baca juga: Skema Kredit All New Nmax 155, DP Rp 3 Jutaan, Cicilan Rp 1 Jutaan

Bumper bustwitter Bumper bus

“Biasanya kapal akan bergeak turun saat bus masuk ke kapal. Jadi jembatan tidak langsung mengenai bodi bus ini,” kata Deddy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain sebagai pengaman saat bus naik ke kapal, besi ini juga melindungi bodi bus saat melewati jalanan menanjak. Overhang bagian belakang bus cukup panjang, sehingga rawan tergesek dengan aspal.

Baca juga: Hasil MotoGP Austria 2021: Seru! Binder Juara, Rossi Kedelapan

Sehingga, ketika bus melewati jalanan menanjak, bagian besi ini yang lebih dulu terkena aspal. Besi pelindung ini juga sebenarnya opsional, pemesan bodi bus bisa memintanya atau tidak dipasang.

Per penyeberangan ini peruntukannya bukan sebagai pengaman dari tabrak belakang. Selain itu, per penyeberangan ini juga opsional, untuk PO bus antar pulau atau pariwisata,” ucap Deddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.