Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Fungsi Besi yang Menonjol di Bawah Bumper Belakang Bus?

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus merupakan alat transportasi yang masih digunakan sampai saat ini. Berbagai jenis jalanan dilewati bus, mulai dari yang berbukit, berkelok, sampai antar pulau dengan menaiki kapal feri.

Jika diperhatikan, pada beberapa bus dengan trayek yang jauh, di bagian bawah bumper belakang terdapat sebuah besi pelindung. Besi ini bukan cuma untuk menaruh aksesori, melainkan punya fungsi yang penting.

Development Design karoseri New Armada Deddy Hermatan mengatakan, besi yang ada di bawah bumper belakang punya sebutan per penyeberangan. Fungsinya adalah mengamankan bodi belakang bus dari jembatan di pelabuhan saat bus masuk ke kapal.

“Biasanya kapal akan bergeak turun saat bus masuk ke kapal. Jadi jembatan tidak langsung mengenai bodi bus ini,” kata Deddy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain sebagai pengaman saat bus naik ke kapal, besi ini juga melindungi bodi bus saat melewati jalanan menanjak. Overhang bagian belakang bus cukup panjang, sehingga rawan tergesek dengan aspal.

Sehingga, ketika bus melewati jalanan menanjak, bagian besi ini yang lebih dulu terkena aspal. Besi pelindung ini juga sebenarnya opsional, pemesan bodi bus bisa memintanya atau tidak dipasang.

“Per penyeberangan ini peruntukannya bukan sebagai pengaman dari tabrak belakang. Selain itu, per penyeberangan ini juga opsional, untuk PO bus antar pulau atau pariwisata,” ucap Deddy.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/16/110200415/apa-fungsi-besi-yang-menonjol-di-bawah-bumper-belakang-bus-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke