Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Bus Tingkat Karoseri New Armada Di Indonesia

Kompas.com - 11/08/2021, 07:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penggunaan bus tingkat sebagai bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Indonesia memang baru tren sekitar tahun 2015. Saat itu Adiputro merilis Jetbus 2+ SDD dan digunakan PO Sempati Star sebagai armada AKAP setahun kemudian.

Namun sebelum sebagai bus AKAP, bus tingkat ini juga digunakan sebagai bus wisata di Jakarta. Saat itu, berbagai karoseri membuat bus tingkat, misalnya seperti Nusantara Gemilang dengan body Maxi Miracle dan New Armada dengan bodi Paradise.

Bisa dibilang New Armada memiliki banyak model bus tingkat yang digunakan sebagai armada bus wisata. Setelah bodi Paradise ada juga bodi Highlander yang dirilis pada IIMS 2016 dan digunakan sebagai unit bus wisata.

Baca juga: PPKM 2-4 Diperpanjang, Syarat Perjalanan Darat Tetap Berlaku

Bus tingkat sumbangan PT Sumber Alfaria Trijaya kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bus tingkat merek Mercedes Benz ini rencananya akan digunakan untuk kegiatan pariwisata. Gambar diambil di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (26/6/2015) Kompas.com/Alsadad Rudi Bus tingkat sumbangan PT Sumber Alfaria Trijaya kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bus tingkat merek Mercedes Benz ini rencananya akan digunakan untuk kegiatan pariwisata. Gambar diambil di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (26/6/2015)

“Waktu itu memang belum booming Tol TransJawa, jadi untuk bus tingkat antar kota belum terakomodir infrastrukturnya,” kata Deddy Hermawan, Design Development Karoseri New Armada kepada Kompas.com, Senin (9/8/2021).

Untuk bodi Paradise, bisa dibilang modelnya terisnpirasi dari bus luar negeri, tepatnya Marcopolo Paradiso. Hal ini bisa dilihat dari tampak depan dengan lampu yang menyatu, mirip dengan buatan Marcopolo.

“Sedangkan untuk Highlander, mukanya memang persis dengan Evolander yang rilis saat IIMS 2016. Hal ini dikarenakan molding yang sama digunakan kedua bus,” ucap Deddy.

Baca juga: Lawan tapi Kawan, Pedrosa dan Rossi Saling Lempar Pujian

ban belakang bus belokKompas.com/Fathan Radityasani ban belakang bus belok

Setelah dua bus tadi, barulah bus tingkat yang digunakan sebagai armada AKAP dari karoseri New Armada meluncur. Misalnya saja bodi Aerodeck yang langsung diborong oleh PO Primadona asal Sulawesi.

Setelah bodi Aerodeck, muncul lagi Skylander Double Decker yang sampai saat ini diproduksi. Deddy mengatakan, setelah melewati evaluasi, produk bus tingkat yang dilanjutkan sekarang tinggal Skylander saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com