Galang Hendra Pratama Fokus Tambah Poin di Seri Navarra

Kompas.com - 11/08/2021, 15:01 WIB
Galang Hendra Pratama saat balapan pada World Supersport (WorldSSP) 2021 di Sirkuit Autodrom Most, Ceko Dok. YamahaGalang Hendra Pratama saat balapan pada World Supersport (WorldSSP) 2021 di Sirkuit Autodrom Most, Ceko

JAKARTA, KOMPAS.com - Galang Hendra Pratama sukses mengumpulkan poin pada seri keenam World Supersport (WorldSSP) di Sirkuit Autodrom Most, Rep. Ceko. Pebalap binaan Yamaha Indonesia ini juga akan berusaha untuk meraih poin pada seri berikutnya.

Pebalap tim Ten Kate Racing Yamaha tersebut meraih dua poin di race pertama. Sayangnya, pada race kedua, Galang Hendra tidak dapat mengikutinya karena tidak memperoleh izin.

Pada race pertama, Galang Hendra terus berjuang keras dari starting grid ke-23. Saat memasuki lap kedua, dia berada di urutan ke-17.

Baca juga: Galang Hendra Targetkan Poin di WorldSSP Ceko

Kemudian, lap ketiga sudah naik ke urutan ke-15. Adanya insiden ketika balapan tersisa tujuh lap lagi, Galang Hendra akhirnya berada di posisi ke-14. Dua poin pun berhasil dikantonginya.

Galang Hendra Pratama saat balapan pada World Supersport (WorldSSP) 2021 di Sirkuit Autodrom Most, CekoDok. Yamaha Galang Hendra Pratama saat balapan pada World Supersport (WorldSSP) 2021 di Sirkuit Autodrom Most, Ceko

Sayangnya, Galang Hendra yang mengalami insiden saat sesi warm up tidak mendapatkan izin untuk mengikuti race kedua.

Galang Hendra terkena oleh bagian cover motor pebalap lain yang crash. Bagian motor tersebut terpental mengenai bagian pada area bahunya hingga cedera dan diperkirakan mengalami sobek otot, sehingga terjadi pembengkakan pada bagian bahunya.

Keputusan untuk tidak dapat mengikuti race kedua ini mengacu pada pemeriksaan tim medis secara mendalam dan komprehensif.

Pertimbangan utamanya adalah menyangkut unsur safety dan pastinya untuk menghindari kondisi yang lebih buruk. Keputusan pun wajib dipatuhi tim ataupun pebalap.

Di klasemen sementara WorldSSP, Galang Hendra berada di peringkat ke-17 dengan total 16 poin. Masih terbuka peluang untuk meningkatkan peringkatnya dengan sisa tujuh seri. Seri berikutnya akan diselenggarakan di Navarra, Spanyol, pada tanggal 20-22 Agustus 2021.

Baca juga: Galang Hendra Termotivasi Raih Poin di Kandang Tim Ten Kate Racing

Masih ada waktu sekitar dua pekan bagi Galang Hendra untuk memulihkan cederanya dan kembali kompetitif untuk merebut poin dan meningkatkan posisinya dalam klasemen.

Galang Hendra Pratama saat balapan pada World Supersport (WorldSSP) 2021 di Sirkuit Autodrom Most, CekoDok. Yamaha Galang Hendra Pratama saat balapan pada World Supersport (WorldSSP) 2021 di Sirkuit Autodrom Most, Ceko

Galang Hendra mengatakan, dirinya cukup termotivasi setelah mendapatkan poin di race pertama yang menambah semangatnya menuju race kedua.

"Sebelum menjalani race kedua, kami membuat beberapa perubahan positif pada settingan dan saya percaya diri untuk berjuang mendapatkan posisi sepuluh besar. Sayangnya, saat pemanasan saya terkena bagian cover motor terpental dari motor pebalap lain yang crash dan mengenai bahu saya dengan keras," ujar Galang Hendra, dalam keterangan resminya.

Galang Hendra menambahkan, dirinya sangat tidak beruntung dan sangat kecewa. Namun, dia berjanji untuk melakukan semua yang dia bisa untuk kembali kuat di Navarra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.