Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Motor Vinales Mogok Saat Start GP Styria

Kompas.com - 10/08/2021, 16:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales bisa saja tampil kompetitif pada MotoGP Styria di Sirkuit Red Bull Ring. Sayangnya, masalah teknis dialaminya dan membuat peluangnya terbuang.

Vinales yang start dari posisi kesembilan memiliki peluang cukup baik. Apalagi, jika melihat catatan waktunya saat sesi warm up yang menjadi tercepat ketiga.

Saat balapan pertama, sebelum red flag berkibar karena insiden kecelakaan, Vinales bersaing untuk posisi podium dengan rekam setimnya, Fabio Quartararo.

Baca juga: Live MotoGP Styria, Motor Vinales Mogok

Pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP ini mengatakan, lap-lap awal terasa fantastis. Ketika kembali ke paddock, mekaniknya mengganti ban dan kopling.

Maverick Vinales saat balapan pada MotoGP Styria 2021 (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Maverick Vinales saat balapan pada MotoGP Styria 2021 (Photo by Joe Klamar / AFP)

"Motor menjadi tidak bisa dikenali. Saya mengendurkan kopling saat warm up lap, lalu motor menjadi mati. Beberapa hal di luar kendali saya," ujar Vinales, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (10/8/2021).

Dengan motor mati saat berada di grid, Vinales pun harus start dari pitlane. Pada balapan kedua, dia mulai merasa masalahnya semakin parah dan tidak bisa merasakan ritme yang bagus.

Baca juga: Vinales Sudah Dapat Tim Baru buat MotoGP 2022

"Kami punya masalah kecil lainnya. Lampu di dasbor terus menyala dan saya harus kembali ke paddock. Saya tidak tahu mengapa. Saya pikir, mungkin saya kehilangan oli, tapi ternyata tidak. Saya menyerah lebih awal pada akhirnya," kata Vinales.

Maverick Vinales saat balapan pada MotoGP Belanda 2021RUDY CAREZZEVOLI Maverick Vinales saat balapan pada MotoGP Belanda 2021

Vinales mengatakan, saat balapan kedua, motornya terasa seperti saat kualifikasi. Ketika gas dibuka untuk berakselerasi, terdengar suara yang aneh.

"Itu terus memburuk dan memburuk, jadi saya pikir sudah tepat untuk menyerah," ujar Vinales, yang belum juga resmi mengumumkan akan pindah ke tim mana untuk musim depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com