Ini Penyebab Motor Vinales Mogok Saat Start GP Styria

Kompas.com - 10/08/2021, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales bisa saja tampil kompetitif pada MotoGP Styria di Sirkuit Red Bull Ring. Sayangnya, masalah teknis dialaminya dan membuat peluangnya terbuang.

Vinales yang start dari posisi kesembilan memiliki peluang cukup baik. Apalagi, jika melihat catatan waktunya saat sesi warm up yang menjadi tercepat ketiga.

Saat balapan pertama, sebelum red flag berkibar karena insiden kecelakaan, Vinales bersaing untuk posisi podium dengan rekam setimnya, Fabio Quartararo.

Baca juga: Live MotoGP Styria, Motor Vinales Mogok

Pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP ini mengatakan, lap-lap awal terasa fantastis. Ketika kembali ke paddock, mekaniknya mengganti ban dan kopling.

Maverick Vinales saat balapan pada MotoGP Styria 2021 (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Maverick Vinales saat balapan pada MotoGP Styria 2021 (Photo by Joe Klamar / AFP)

"Motor menjadi tidak bisa dikenali. Saya mengendurkan kopling saat warm up lap, lalu motor menjadi mati. Beberapa hal di luar kendali saya," ujar Vinales, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (10/8/2021).

Dengan motor mati saat berada di grid, Vinales pun harus start dari pitlane. Pada balapan kedua, dia mulai merasa masalahnya semakin parah dan tidak bisa merasakan ritme yang bagus.

Baca juga: Vinales Sudah Dapat Tim Baru buat MotoGP 2022

"Kami punya masalah kecil lainnya. Lampu di dasbor terus menyala dan saya harus kembali ke paddock. Saya tidak tahu mengapa. Saya pikir, mungkin saya kehilangan oli, tapi ternyata tidak. Saya menyerah lebih awal pada akhirnya," kata Vinales.

Maverick Vinales saat balapan pada MotoGP Belanda 2021RUDY CAREZZEVOLI Maverick Vinales saat balapan pada MotoGP Belanda 2021

Vinales mengatakan, saat balapan kedua, motornya terasa seperti saat kualifikasi. Ketika gas dibuka untuk berakselerasi, terdengar suara yang aneh.

"Itu terus memburuk dan memburuk, jadi saya pikir sudah tepat untuk menyerah," ujar Vinales, yang belum juga resmi mengumumkan akan pindah ke tim mana untuk musim depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.