Kompas.com - 10/08/2021, 14:12 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Kini peminat mobil sedan tidak seramai segmen lainnya seperti multi purpose vehicle (MPV) maupun sport utility vehicle (SUV). Sebab sedan tidak memiliki keunggulan pada luasan kabin untuk bisa memuat banyak penumpang.

Sedan juga tidak memiliki kaki-kaki yang tinggi untuk bisa melibas jalanan rusak dengan nyaman. Padahal, dua aspek tersebut kerap dicari oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Meski begitu, sedan masih jadi incaran oleh sebagian pecinta otomotif. Apalagi dari para pegiat modifikasi roda empat. Sedan cocok menjadi bahan untuk modifikasi mulai dari aliran stance hingga rally-look.

Membeli sedan baru jelas butuh dana yang terhitung banyak. Sebab umumnya sedan baru dibanderol pada harga ratusan juta rupiah. Dengan dana terbatas, tentu berburu sedan di bursa mobil bekas adalah jawabannya.

Baca juga: Toyota Veloz GR Resmi Meluncur, Simak Harga Veloz Bekasnya

Honda Civic Ferio jadi salah satu mobil bekas sedan terjangkau saat ini.OLX Honda Civic Ferio jadi salah satu mobil bekas sedan terjangkau saat ini.

Cukup atur patokan haga sesuai dana yang tersedia, ragam pilihan sedan pun tersedia dan bisa segera dibeli tanpa repot menunggu masa inden.

Memantau di beberapa bursa mobil bekas daring pada Selasa (10/8/2021), dengan patokan harga Rp 50 jutaan, Redaksi Kompas.com menemukan beberapa pilihan sedan bekas yang tersedia dengan rentang tahun produksi yang beragam.

Pada kisaran harga tersebut, pilihan sedan bekas yang paling banyak tersedia berasal dari dua pabrikan mobil asal Jepang, Honda dan Toyota. Namun jika ingin pilihan yang berbeda, Hyundai Avega produksi Korea Selatan bisa jadi pertimbangan.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan tapi Kendaraan di Luar Daerah, Ini Solusinya

Toyota Etios Liva eks armada taksi Toyota Etios Liva eks armada taksi

Dalam kisaran harga ini, ada pula sedan produksi tahun 2010 ke atas, yakni Toyota Etios Liva. Dengan tahun produksi yang terhitung belum terlalu tua, banderol Rp 50 jutaan dirasa wajar sebab sedan ini merupakan bekas armada taksi.

Lebih detail, berikut beberapa pilihan sedan bekas yang layak dipertimbangkan untuk dibeli pada kisaran harga Rp 50 jutaan di Medan dan sekitarnya pada Agustus ini.

  • Honda Accord 2.3 VTi M/T tahun 2000 harga Rp 58 juta
  • Honda City Type-Z 1.5 M/T tahun 2000 harga Rp 58 juta
  • Honda Civic Ferio 1.6 M/T tahun 1996 harga Rp 57 juta
  • Hyundai Avega 1.5 M/T tahun 2008 harga Rp 57 juta
  • Mercedes-Benz E230 W124 M/T tahun 1990 harga Rp 55 juta
  • Toyota Corolla 1.8 SEG M/T tahun 2000 harga Rp 57 juta
  • Toyota Great Corolla 1.6 M/T tahun 1995 harga Rp 53 juta
  • Toyota Etios Liva 1.5 M/T tahun 2013 harga Rp 54 juta
  • Toyota Soluna 1.5 GLi M/T tahun 2001 harga Rp 52 juta
  • Suzuki Baleno 1.5 DX A/T tahun 2001 harga Rp 52 juta
  • BMW E36 323i M/T tahun 1998 harga Rp 51 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.