Cerita Casey Stoner yang Sakit Keras hingga Berbaring Tak Berdaya

Kompas.com - 06/08/2021, 10:42 WIB
Casey Stoner. Crash.netCasey Stoner.


JAKARTA, KOMPAS.com - Casey Stoner merupakan mantan juara dunia MotoGP 2007 dan 2011. Pebalap asal Australia ini ternyata pernah mengalami sakit keras hingga berbaring tak berdaya.

Stoner memutuskan pensiun dari karier balap profesionalnya pada akhir musim 2012. Namun, dia sempat menjadi test rider untuk Ducati pada musim 2016.

Pada November 2020, Stoner membeberkan bahwa dirinya pernah mengalami chronic fatigue syndrome (CFS) atau sindrom kelelahan kronis. CFS adalah kondisi yang ditandai dengan rasa lelah sepanjang waktu.

Baca juga: Casey Stoner Bongkar Perlakuan Buruk Ducati pada Pebalapnya

Penderita CFS juga akan merasakan kesulitan untuk berkonsentrasi, radang tenggorokan, sakit kepala, dan beberapa gejala lainnya.

Casey Stoner.MOTORSPORT.com Casey Stoner.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Stoner pernah didiagnosis mengalami intoleransi laktosa. Namun, ternyata diagnosis tersebut salah. Dia yakin bahwa faktanya yang menyebabkan dirinya sakit adalah Epstein-Barr virus (EBV).

Bahkan, Stoner yakin sudah terkena virus tersebut sejak masih balapan. Dokter pun meyakini virus tersebut yang menyebabkan kondisinya sekarang.

Baca juga: Potongan Faring Motor Balap Casey Stoner Dijual Rp 101 Juta

"Saya balapan dengan Epstein-Barr, tapi sindrom kelelahan kronis itu adalah level yang berbeda. Ini sangat buruk. Saya tidak percaya penyakit ini ada. Ini dimulai setelah bahu saya yang terluka direkonstruksi pada 2018," ujar Stoner, dikutip dari Visordown.com, Kamis (5/8/2021).

Stoner menambahkan, ketika dia mulai latihan setelah menjalani operasi, dia tak berdaya ketika sesi gym berjalan separuh. Dia pun didiagnosis dengan sindrom kelelahan kronis.

Pebalap penguji Ducati, Casey Stoner (kiri), berbincang dengan Jorge Lorenzo.
DOK. MOTOGP Pebalap penguji Ducati, Casey Stoner (kiri), berbincang dengan Jorge Lorenzo.

"Saya menghabiskan enam bulan tidak pernah jauh dari kamar tidur dan sofa. Itu saja, itulah keseharian saya. Selama dua tahun saya benar-benar tidak berguna, bahkan dengan anak-anak saya," kata Stoner.

Stoner mengatakan, dia merasa tidak memiliki energi untuk melakukan apa pun. Bahkan, dia mengaku hanya mencoba untuk berjuang. Ketika dia merasa sudah lebih baik dan bisa melakukan lebih banyak kegiatan, penyakitnya kambuh lagi dan Stoner pun harus menghabiskan waktu beberapa minggu lagi di sofa.

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, sedang berdiskusi dengan Casey Stoner saat menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Selangor, Malaysia (28/1/2018).
DOK. DUCATI Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, sedang berdiskusi dengan Casey Stoner saat menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Selangor, Malaysia (28/1/2018).

"Saya butuh lebih dari setahun untuk belajar tidak peduli sebaik apa pun yang saya rasakan, saya tidak bisa melakukan apa-apa. Ini memberikan efek yang besar pada keluarga saya. Adriana harus melakukan banyak pekerjaan, karena dia harus mengurus saya dan anak-anak," ujar Stoner.

Stoner mengaku sudah bisa mengatasi penyakitnya dengan lebih baik. Meskipun demikian, tidak ada kejelasan apakah dia bisa benar-benar melewatinya.

Casey Stoner.MOTORSPORT.com Casey Stoner.

"Beberapa bulan belakangan ini adalah yang terbaik yang saya rasakan selama 3,5 tahun. Saya merasa lebih baik dan lebih waspada," kata Stoner.

Bahkan, Stoner mengaku sudah bisa bicara dengan normal. Sebab, sebelumnya dia sempat melupakan beberapa kata-kata saat sedang berbicara. Kini, pebalap yang menggunakan nomor start 27 tersebut sudah belajar untuk menerima kondisinya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.