Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Oli Mobil Lebih Baik Dilakukan Pagi Hari, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 03/08/2021, 18:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergantian oli pada mesin mobil wajib dilakukan secara berkala. Tujuannya menjaga agar mobil bisa terus menghasilkan perfoma terbaik.

Proses penggantiannya pun bisa dilakukan di bengkel atau secara mandiri di rumah. Biasanya dengan mengganti oli sendiri, pemilik kendaraan bisa melakukannya sesuka hati dengan waktu yang bebas.

Selain itu, ada anggapan yang mengatakan, jika mengganti oli sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau saat mobil belum dinyalakan. Lantas benarkah mitos tersebut?

Baca juga: Kenapa Motor Trail Jadi Incaran Maling?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, adanya mitos tersebut berawal dari anggapan oli akan turun saat mesin tidak dihidupkan.

Pada umumnya, mobil tidak dinyalakan dalam jangka waktu relatif lama saat malam hari. Sehingga pagi hari dianggap paling pas untuk menguras semua oli lama.

Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGCSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC

“Mungkin berpikiran kalau mesin dibiarkan dingin, oli akan turun ke bagian bawah mesin sehingga oli sudah terkumpul semua di bagian penampungan oli,” ucap Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Padahal secara desain, menurut Didi, tidak semua oli turun di penampungan, karena pasti ada yang tersisa di bagian atas untuk pelumasan bagian atas mesin.

Baca juga: Inden Honda Super Cub C125 Model Baru Bisa Sampai Tahun depan

“Jadi menurut saya, mitos ganti oli sebaiknya di pagi hari tidak tepat. Karena sudah dihidupkan atau tidaknya mesin tidak berpengaruh ke kondisi oli lama di ruang mesin,” kata dia,

Sehingga tidak ada saran khusus terkait pemilihan waktu terbaik untuk ganti oli, kapan pun bisa dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com