Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerbang Tol Miring Cimanggis Kembali Jadi Lajur Utama Tol Jagorawi

Kompas.com - 03/08/2021, 16:17 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi pengguna Tol Jagorawi dari arah Bogor ke Jakarta pada dekade 2010-an, pasti tidak asing dengan gerbang tol miring yang berada di GT Cimanggis Utama.

Gerbang tol ini sempat dibongkar dan tidak dipergunakan lagi, kini ex GT Cimanggis Utama sudah rata dengan aspal dan kembali digunakan sebagai lajur utama (main road).

Pasalnya, Jasamarga Metropolitan Tollroad selaku pengelola Jalan Tol Jagorawi telah selesai melakukan pekerjaan alignment ex GT Cimanggis Utama.

Baca juga: Catat, Pengendara Motor Ini Tak Wajib Naik Golongan SIM

Gerbang tol Cimanggis Utama KOMPAS/RIZA FATHONI Gerbang tol Cimanggis Utama

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Tri Wahyu Subekti, mengatakan, pengoperasian lajur bekas GT Cimanggis mulai diberlakukan tanggal 3 Agustus 2021.

Sehingga pengguna jalan dari arah Bogor/Ciawi menuju Jakarta yang sebelumnya menggunakan lajur eksiting di sisi sebelah kiri, saat ini sudah dapat menggunakan lajur lurus.

“Sebelumnya pengguna Jalan Tol Jagorawi ketika melintasi di sekitar Cimanggis harus melalui lajur eksisting yang sedikit berbelok,” ujar Tri, dalam keterangan resmi (3/8/2021).

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Syarat Perjalanan Darat Masih Berlaku

Ex GT Cimanggis Utama kembali jadi lajur utama Tol Jagorawi.Dok. Jasa Marga Ex GT Cimanggis Utama kembali jadi lajur utama Tol Jagorawi.

“Dengan pengoperasian lajur ex GT Cimanggis Utama, kita bisa membuat lajur lalu lintas menjadi lurus dari arah Bogor/Ciawi menuju Jakarta. Sehingga diharapkan dapat memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan karena lajur utamanya merupakan lajur lurus,” kata dia.

Jasa Marga telah menyiapkan rambu-rambu lalu lintas untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan, serta menyiagakan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi tersebut.

Diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berjati-hati, perhatikan rambu lalu lintas dan hubungi one call center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080 untuk informasi dan bantuan tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com