Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Perusahaan Korsel, Jasa Marga Perbanyak SPKLU di Rest Area

Kompas.com - 30/07/2021, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalin kerja sama dengan Veryword Co. Ltd, PT Jasamarga Related Business (JMRB) menjajaki studi pengembangan bisnis energi baru terbarukan berupa stasiun pengisian kendaraan listrik, energi efisiensi, dan bisnis digital.

Jalinan kerja sama tersebut, tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani oleh Direktur Bisnis Komersial PT JMRB Imad Zaky Mubarak dan CEO Verywords Kim Sung Woo, Jumat (30/7/2021), secara virtual.

Menurut Zaky, kerja sama yang dilakukan sebagai salah satu upaya PT JMRB berpartisipasi terhadap program pemerintah dalam keberlanjutan lingkungan yang sehat.

Baca juga: Populasi SPKLU Akselerasi Penjualan Mobil Listrik di Eropa

"Selama ini kami gencar melakukan program penghijauan, seperti penanaman pohon, pengolahan limbah sampah, serta mendukung ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area yang kami kelola. Terlebih, pemerintah tengah melakukan percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan," kata Zaky dalam keterangan resminya, Jumat (30/7/2021).

Proses penandatanganan MoU JMRB dengna Veryword dalam pengembangan SPKLUJMRB Proses penandatanganan MoU JMRB dengna Veryword dalam pengembangan SPKLU

Zaky mengatakan, kajian kerja sama ini merupakan upaya PT JMRB dalam mengoptimalkan potensi lini bisnisnya seperti rest area, Toll Corridor Development (TCD), dan bisnis digital.

Dengan menggandeng perusahaan asal Korea Selatan (Koresel) yang fokus pada jasa konsultasi perubahan iklim, produksi kendaraan listrik, implementor stasiun pengisian listrik, dan pelaksana berbagai macam proyek pengurangan emisi, diharapkan berdampak positif bagi keberlanjutan lingkungan hidup, terutama aspek stabilitas ruang udara dan pemanfaatan energi terbarukan.

CEO Verywords Kim Sung Woo menjelaskan, salah satu cara meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik di Korsel, yakni dengan memperbanyak penyediaan fasilitas SPKLU yang dipasang di tempat peristirahatan seperti rest area jalan tol.

Baca juga: Alasan Merek Jepang Terkesan Kurang Bergairah Sambut Era Mobil Listrik

Karena itu, hal serupa juga dapat dilakukan di Indonesia yang mulai menggencarkan penggunaan kendaraan berbahan bakar ramah lingkungan seperti kendaraan listrik.

SPKLU di Ruas Tol Trans JawaJasamarga Related Business (JMRB) SPKLU di Ruas Tol Trans Jawa

"Penyediaan SPKLU menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan penggunaan kendaraan listrik dan meningkatkan penggunaan energi terbarukan. Berangkat dari tujuan yang sama mengenai upaya aktif untuk mencapai netralitas karbon di Indonesia tersebut, maka Verywords dan PT JMRB membuat perjanjian MoU ini," ujar Kim Sung Woo.

Selain program penghijauan dan mendukung ketersediaan SPLKU di rest area, PT JMRB juga tengah mengkaji potensi pemanfaatan sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan melalui teknologi panel surya di beberapa titik rest area.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com