Faktor Utama Penyebab Arogansi Bikers di Jalan Raya

Kompas.com - 03/08/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi motor gede (moge) dan penunggangnya. SHUTTERSTOCK/LUKAS GOJDAIlustrasi motor gede (moge) dan penunggangnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Arogansi pengendara motor di jalan raya bisa muncul dari berbagai macam faktor.

Namun, ada dua hal utama yang jadi sorotan belakangan ini, yaitu jenis motor dan berkendara secara berkelompok.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, seseorang yang dalam sisi kehidupan lainnya sangat menjujung tinggi etika bisa berubah sikap saat menunggangi motor tertentu. Sebab, motor bisa memberikan aura dan karakter yang bisa memengaruhi biker.

Baca juga: Ganti Cairan Radiator Sendiri, Ketinggian Air Boleh Sampai Penuh?

Bikers, apalagi yang menggunakan atribut atau sesuatu maka memunculkan eksklusivitas sampai arogansi. Karakter bawaan motor antara lain, ngebut, geber-geber, dan merasa superior,” ucap Jusri belum lama ini kepada Kompas.com.

Jusri melanjutkan, motor yang memberikan dampak negatif untuk para pengendara motor alias bikers tidak terpaku hanya karena kapasitas mesin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Komunitas motor besar B?Brothers IndonesiaFoto: B’Brothers Indonesia Komunitas motor besar B?Brothers Indonesia

“Ada model motor 125cc namun bawaannya selalu ingin buka gas. Sementara itu, ada juga moge yang tidak nikmat dikendarai lebih dari 70 kilometer per jam (kpj),” kata dia.

Menurut Jusri, motor akan memengaruhi perilaku pengendaranya di jalan raya. Oleh karena itu, para pengendara motor harus memahami perubahan apa yang diberikan.

Baca juga: Biar Awet, Kenali Ragam Perawatan Skutik

Kemudian faktor selanjutnya adalah berkelompok. Ketika dua atau tiga orang berkendara bersama, maka rasa kebersamaan muncul sampai bisa menimbulkan eksklusivitas. Bukan cuma terjadi saat berkendara. Hal itu juga bisa kejadian saat dua atau tiga orang berjalan kaki di mal.

“Kondisi tersebut akan memunculkan arogansi. Ketika Anda naik motor lebih baik sendiri, karena kalau ramai-ramai pasti akan meminta hak lebih,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.