Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Budiman Tambah Lima Bus Baru dari Karoseri Adiputro

Kompas.com - 03/08/2021, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, operasional bus antar kota memang dibatasi. Hal ini tentu berpengaruh pada jumlah pendapatan sebuah Perusahaan Otobus (PO).

Namun, di tengah kondisi pandemi yang masih melanda Indonesia, tidak menghentikan PO bus untuk memperbarui kendaraan operasionalnya. Misalnya seperti PO Budiman yang baru saja merilis lima unit bus baru hasil kreasi karoseri Adiputro di Malang.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus karoseri Adiputro mengatakan, lima unit bus yang rilis ini menggunakan bodi Jetbus 3+ HDD Voyager yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1526.

Baca juga: Komparasi Honda Super Cub C125 Lama dan Baru, Simak Ubahannya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by yohan Setiawan (@yohansetiawan08)

 

“Kelima bus pakai sasis baru, cuma dari karoseri kondisinya kosong, tanpa bangku penumpang,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Senin (2/8/2021).

Biasanya, bangku akan dipasang sendiri di garasi PO tersebut. Selain itu, jumlah bangku juga bisa diatur dan modelnya diganti-ganti. Misalnya untuk kelas bisnis, tidak memakai leg rest, atau kelas di atasnya dengan jumlah bangku yang lebih sedikit.

“Walaupun kosong tanpa bangku penumpang, bus ini sudah dilengkapi dengan sistem audio sebagai standar. Begitu juga dengan colokan listrik yang ada di bagasi kabin yang ada di atas kepala penumpang,” kata Yohan.

Baca juga: Pengguna Motor yang Ingin Naik Kelas ke SIM CI dan CII Harus Tes Ulang

Tangkapan layar modifikasi kabin bus AdiputroKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Tangkapan layar modifikasi kabin bus Adiputro

Tampilan eksterior dari bus ini, menggunakan warna khas dari PO Budiman, yaitu kombinasi abu-abu muda dan tua. Selain itu juga terdapat tulisan “BUDIMAN” di bagian lambung bus dan grafis warna-warni yang mengalir dari sisi depan ke belakang.

Sedangkan di kabinnya, tidak banyak fitur yang tersedia. Hanya ada sistem audio, tanpa toilet dan tidak ada smoking area. Untuk bangkunya pun belum terpasang, jadi belum bisa ditentukan akan mengisi kelas apa bus terbaru PO Budiman ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com