Salin Artikel

PO Budiman Tambah Lima Bus Baru dari Karoseri Adiputro

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, operasional bus antar kota memang dibatasi. Hal ini tentu berpengaruh pada jumlah pendapatan sebuah Perusahaan Otobus (PO).

Namun, di tengah kondisi pandemi yang masih melanda Indonesia, tidak menghentikan PO bus untuk memperbarui kendaraan operasionalnya. Misalnya seperti PO Budiman yang baru saja merilis lima unit bus baru hasil kreasi karoseri Adiputro di Malang.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus karoseri Adiputro mengatakan, lima unit bus yang rilis ini menggunakan bodi Jetbus 3+ HDD Voyager yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1526.

“Kelima bus pakai sasis baru, cuma dari karoseri kondisinya kosong, tanpa bangku penumpang,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Senin (2/8/2021).

Biasanya, bangku akan dipasang sendiri di garasi PO tersebut. Selain itu, jumlah bangku juga bisa diatur dan modelnya diganti-ganti. Misalnya untuk kelas bisnis, tidak memakai leg rest, atau kelas di atasnya dengan jumlah bangku yang lebih sedikit.

“Walaupun kosong tanpa bangku penumpang, bus ini sudah dilengkapi dengan sistem audio sebagai standar. Begitu juga dengan colokan listrik yang ada di bagasi kabin yang ada di atas kepala penumpang,” kata Yohan.

Tampilan eksterior dari bus ini, menggunakan warna khas dari PO Budiman, yaitu kombinasi abu-abu muda dan tua. Selain itu juga terdapat tulisan “BUDIMAN” di bagian lambung bus dan grafis warna-warni yang mengalir dari sisi depan ke belakang.

Sedangkan di kabinnya, tidak banyak fitur yang tersedia. Hanya ada sistem audio, tanpa toilet dan tidak ada smoking area. Untuk bangkunya pun belum terpasang, jadi belum bisa ditentukan akan mengisi kelas apa bus terbaru PO Budiman ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/03/084200315/po-budiman-tambah-lima-bus-baru-dari-karoseri-adiputro

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.