Regulasi Baru di India, Mencopot Spion Garansi Motor Hangus

Kompas.com - 23/07/2021, 09:42 WIB
Honda CBR150R generasi lama pakai suspensi depan upside down Showa SFF-BP Dok. Muda MotorHonda CBR150R generasi lama pakai suspensi depan upside down Showa SFF-BP

MADRAS, KOMPAS.com - Mencopot kaca spion sepeda motor merupakan tindakan salah, tapi jadi lazim dilakukan pemilik kendaraan. Tapi, kini jika hal itu dilakukan di India maka dapat menghanguskan garansi sepeda motor.

Hasil putusan Pengadilan Tinggi Madras, yang dipimpin oleh Ketua Hakim Sanjib Banerjee dan Hakim Senthilkumar Ramamoorthy, memutuskan garansi hilang jika dua spion dicopot karena alasan estetika.

Baca juga: 28.595 unit Kendaraan Diputar Balik di Bali Selama PPKM Darurat

Drat pada spion motor Yamaha dibuat terbalik.Kompas.com/Donny Drat pada spion motor Yamaha dibuat terbalik.

Pengadilan juga telah mengeluarkan arahan kepada Komisaris Transportasi Tamil Nadu, memberikan perintah kepada semua diler motor untuk memperingatkan konsumen.

Melansir Rushlane, ke depan diler motor harus memberikan edukasi kepada konsumen bahwa garansi akan batal jika melepas spion setelah pembelian.

Selain mengugurkan garansi, pengendara yang mengendarai motor tanpa kaca spion juga harus membayar denda sebesar 500.000 rupee atau sekitar Rp 971.000.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: PPKM Level 4, Penyekatan Jalan Belum Berubah

Komunitas ZX-25R IndonesiaDok. ZRI Komunitas ZX-25R Indonesia

Adapun bagi pelanggar yang kedapatan mengulanginya lagi maka dendanya bertambah tiga kali lipat menjadi 1,5 juta rupee atau sekitar Rp 2,9 juta.

Peraturan tegas ini dilakukan karena mencopot spion dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Sebab pengendara motor jadi lalai saat berada di jalan raya.

Menurut statistik di India, banyak kecelakaan motor terjadi karena pengendara motor tidak dapat melihat dengan jelas lalu lintas yang mendekat dari arah belakang.



Sumber Rushlane
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.