28.595 unit Kendaraan Diputar Balik di Bali Selama PPKM Darurat

Kompas.com - 22/07/2021, 20:01 WIB
Petugas gabungan Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor meminta dokumen perjalanan kepada pengendara saat melakukan penyekatan di pintu keluar Tol Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat  Jawa Barat, Minggu (18/7/2021). Penyekatan kendaraan di gerbang tol pintu keluar menuju jalur wisata Puncak selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat itu untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan kendaraan selain plat (F) akan diputar balik. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.hp. ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYAPetugas gabungan Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor meminta dokumen perjalanan kepada pengendara saat melakukan penyekatan di pintu keluar Tol Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Jawa Barat, Minggu (18/7/2021). Penyekatan kendaraan di gerbang tol pintu keluar menuju jalur wisata Puncak selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat itu untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan kendaraan selain plat (F) akan diputar balik. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.hp.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Bali menyebut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat yang berlangsung selama 3-20 Juli 2021 telah bergulir secara optimal.

Pasalnya, selama periode tersebut mobilitas masyarakat mengalami penurunan cukup signifikan. Petugas pun telah memeriksa sebanyak 205.951 unit kendaraan dan 28.595 unit di antaranya diputarbalik.

"Selama masa PPKM darurat, Polda Bali memeriksa sebanyak 205.951 unit kendaraan. Kita lakukan penyekatan, penutupan, pemeriksaan, putar balik kendaraan, dan imbauan," kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Bali AKBP Bima Aria Viyasa, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: PPKM Level 4, Pameran Otomotif GIIAS Ditunda Lagi

Pemeriksaan surat kesehatan di GT KalikangkungKOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Pemeriksaan surat kesehatan di GT Kalikangkung

Adapun dinamika selama masa PPKM Darurat, pihaknya berfokus pada pendisiplinan di kawasan hulu seperti wisata, perkantoran dan tempat - tempat usaha hingga ke hilir dengan pembatasan mobilitas kegiatan masyarakat dengan penyelatan di jalan raya.

"Pada tiga hari awal kita masih fokus pendisiplinan di hulu seperti pertokoan, perkantoran dan tempat wisata, karena masih buka, jadi jalan masih terasa ramai," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, begitu ada instruksi lanjutan dan dilakukan penutupan, lanjut Aria, baru lah terjadi penurunan mobilitas di hari-hari kerja. Sementara penyekatan jalan dilaksanakan sampai pukul 21.00 WITA.

Meski demikian, Aria tidak menampik sempat terjadi kemacetan pada beberapa waktu tertentu selama PPKM darurat. Terkhusus, ketika hari pertama pemberlakuan pembatasan mobilitas dan akhir pekan.??

Baca juga: Di Rumah Saja, Begini Cara Mudah Ganti Aki Mobil Sendiri

Polisi menempelkan stiker kendaraan sektor esensial atau kritikal yang diperbolehkan lewat setelah melewati pemeriksaan di Pos Polisi Exit Tol Brebes Timur, Jumat (16/7/2021) (Istimewa)Kompas.com/Tresno Setiadi Polisi menempelkan stiker kendaraan sektor esensial atau kritikal yang diperbolehkan lewat setelah melewati pemeriksaan di Pos Polisi Exit Tol Brebes Timur, Jumat (16/7/2021) (Istimewa)

"Macetnya karena ada pemeriksaan, jadi lalu lintas tersendat. Namun menjadi salah satu analisa evaluasi dalam rangka penyekatan putar balik kendaraan," kata dia.

Diketahui, total ada 43 titik penyekatan yang diterapkan oleh Polda Bali selama PPKM darurat. Setiap pengendara yang hendak melintasinya, harus menunjukkan dokumen perjalanan wajib seperti surat keterangan berkerja.

Jika tidak, maka petugas akan memberikan sanksi berupa putar balik ataupun sanksi sosial dan hukum seperti denda administrasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.