Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Pemotor Asal Main Potong Jalan

Kompas.com - 22/07/2021, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit kecelakaan terjadi karena pengendara sepeda motor abai terhadap keselamatan. Salah satu yang sering terjadi ialah memotong jalan sembarangan.

Seperti yang terlihat dalam video yang diunggah akun Instagram Agoez Bandz4. Pengendara motor boncengan memotong jalan saat ingin belok hingga nyaris tertabrak oleh mobil pikap.

Baca juga: Regulasi Angkutan Umum PPKM Level 4 di DKI, Melanggar Denda Rp 50 Juta

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

 

Beruntung sang sopir mampu mengendalikan mobil sehingga tidak menyeruduk motor. Meski mobil sempat melintir alias "ngepot" karena mengerem dengan keras.

Selain memotong jalur, pengendara yang berboncengan tersebut terlihat tidak memakai helm. Sehingga dari sisi keselamatan berkendara sangat riskan karena kepala tidak terlindungi.

Head of Safety Riding Wahana, Agus Sani, mengatakan, meski terkesan remeh tapi tak sedikit pemotor yang kurang awas saat akan belok sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca juga: Harga Daihatsu Rocky di Jawa Tengah Turun sampai Rp 9 Jutaan

Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC), fasilitas pelatihan berkendara terbesar se-Asia TenggaraIstimewa Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC), fasilitas pelatihan berkendara terbesar se-Asia Tenggara

“Harus sabar ketika berkendara karena keselamatan yang utama. Jangan memaksakan agar tidak terjadi tabrakan atau menyerempet dengan kendaraan lain,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Agus mengatakan, trik dasar saat ingin belok seperti melihat spion, menoleh, dan mengecek kondisi belakang serta kanan-kiri, bukan hal yang bisa disepelekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com