Mengukur Kualitas Pelek Atermarket Mobil Replika

Kompas.com - 19/07/2021, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comPelek merupakan komponen penentu tampilan sebuah mobil. Dengan hanya mengganti pelek, tampilan mobil yang standar bisa berubah total, menjadi lebih sporty atau elegan.

Pilihan pelek di Indonesia juga sangat banyak, mulai dari merek sampai modelnya. Selain itu, sering juga terdengar istilah pelek replika, sebuah pelek yang dibuat mirip dengan produk original namun punya harga jual yang lebih ekonomis.

Kadang pelek replika menjadi pilihan orang yang ingin mengubah tampilan mobilnya, namun terbatas budget. Kemudian, bagaimana kualitas dari pelek replika, apakah baik atau buruk?

Baca juga: Jokowi Bilang Jalan Masih Ramai, Ini Tanggapan Korlantas Polri

Pilihan pelek mobil replikaDOK. OTTOBAN INDONESIA Pilihan pelek mobil replika

Kevin Sulaeman, Chief Operation Officer Ottoban Indonesia mengatakan, soal kualitas pelek, mau yang replika atau original itu bagus selama sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Pelek ber-SNI bisa juga impor atau produksi lokal. Pelek yang sudah sesuai SNI, sudah pasti bagus secara kualitas,” ucap Kevin kepada Kompas.com, Senin (19/7/2021).

Menurut Kevin, soal pelek replika dan original berdasarkan dari model dan mereknya saja, tidak berhubungan dengan kualitas.

Bahkan bisa juga pelek replika atau original dibuat dari pabrik yang sama, bedanya hanya model finishing dan mereknya.

Baca juga: Arti Kode Lampu Sein yang Digunakan Bus Malam di Trans Jawa

“Kemudian yang membuat harga pelek replika lebih murah bisa karena negara pembuatnya, brand, finishing, dan cara produksi peleknya,” kata Kevin.

Jadi baik pelek replika atau original, yang paling penting adalah sudah lolos SNI. Sehingga pelek tadi sudah diuji kualitasnya dan bisa digunakan dengan aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.