Kompas.com - 07/07/2021, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comPO Borlindo asal Sulawesi memang terkenal akan bus-bus premiumnya. Misalnya saja pada akhir tahun 2020 di mana PO Borlindo merilis tiga bus tronton dari karoseri New Armada.

Kali ini, PO Borlindo menambah armada terbarunya dari karoseri Tentrem di Malang. Kali ini bodi yang digunakan adalah Avante H9 yang dipasang ke sasis Mercedes Benz.

Sales Staff karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, ada satu unit terbaru milik PO Borlindo. Ada beberapa penyesuaian seperti permintaan dari PO Borlindo, mulai dari sasis hingga bodi yang digunakan.

Baca juga: PPKM Darurat, Ada Penyekatan Berlapis di Kota Bekasi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tentrem Karoseri Official (@karoseritentrem)

 

“Spesifikasinya, bodi pakai Avante H9, sudah air suspension dan memakai space frame,” ucap Dimas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Kemudian sama seperti unit Evolander PO Borlindo, dipasang juga tameng besi di bagian kaca atas. Tameng ini ukurannya juga lebih kompak, tidak menutup seluruh kaca, karena tugasnya bukan untuk melindungi kaca dari lemparan batu.

“Fungsinya lebih untuk menjaga kaca dari pohon saja,” kata Dimas.

Selain itu, perbedaan paling terlihat dari banyaknya pilar kaca samping. Tidak seperti kaca samping pada bus lainnya, bus milik PO Borlindo ini ukuran kaca sampingnya lebih kecil, sehingga jumlahnya lebih banyak.

Baca juga: Segera Meluncur, Ini Perbandingan Mesin Renault Kiger dengan Toyota Raize

“Jumlah kaca sampingnya lebih banyak. Jadi kalau kenapa-kenapa kacanya, biaya gantinya enggak besar,” ucapnya.

Kemudian di kaca samping paling depan dan belakang bisa dibuka seperti kaca geser. Fungsinya jika AC di kabin mengalami masalah, tetap ada aliran udara di kabin dan membuat penumpang tetap nyaman.

Untuk kabinnya, terlihat menggunakan bangku dengan susunan 2-2 yang dilengkapi dengan leg rest. Namun seperti umumnya bus di Sulawesi, tidak ada toilet yang ada di kabin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.