Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Baru PO Borlindo, Pakai Bodi Avante H9 dan Dimodifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com – PO Borlindo asal Sulawesi memang terkenal akan bus-bus premiumnya. Misalnya saja pada akhir tahun 2020 di mana PO Borlindo merilis tiga bus tronton dari karoseri New Armada.

Kali ini, PO Borlindo menambah armada terbarunya dari karoseri Tentrem di Malang. Kali ini bodi yang digunakan adalah Avante H9 yang dipasang ke sasis Mercedes Benz.

Sales Staff karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, ada satu unit terbaru milik PO Borlindo. Ada beberapa penyesuaian seperti permintaan dari PO Borlindo, mulai dari sasis hingga bodi yang digunakan.

“Spesifikasinya, bodi pakai Avante H9, sudah air suspension dan memakai space frame,” ucap Dimas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Kemudian sama seperti unit Evolander PO Borlindo, dipasang juga tameng besi di bagian kaca atas. Tameng ini ukurannya juga lebih kompak, tidak menutup seluruh kaca, karena tugasnya bukan untuk melindungi kaca dari lemparan batu.

“Fungsinya lebih untuk menjaga kaca dari pohon saja,” kata Dimas.

Selain itu, perbedaan paling terlihat dari banyaknya pilar kaca samping. Tidak seperti kaca samping pada bus lainnya, bus milik PO Borlindo ini ukuran kaca sampingnya lebih kecil, sehingga jumlahnya lebih banyak.

“Jumlah kaca sampingnya lebih banyak. Jadi kalau kenapa-kenapa kacanya, biaya gantinya enggak besar,” ucapnya.

Kemudian di kaca samping paling depan dan belakang bisa dibuka seperti kaca geser. Fungsinya jika AC di kabin mengalami masalah, tetap ada aliran udara di kabin dan membuat penumpang tetap nyaman.

Untuk kabinnya, terlihat menggunakan bangku dengan susunan 2-2 yang dilengkapi dengan leg rest. Namun seperti umumnya bus di Sulawesi, tidak ada toilet yang ada di kabin.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/07/162100315/bus-baru-po-borlindo-pakai-bodi-avante-h9-dan-dimodifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke