Jalan Sepi Imbas PPKM Darurat, Potensi Fatalitas Kecelakaan Meningkat

Kompas.com - 06/07/2021, 17:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan yang sepi akibat imbas dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mendorong pengendara memacu kendaraanya melebihi batas kecepatan.

Sehingga, jika terjadi kelengahan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang cukup parah.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, memacu kendaraan melebihi batas kecepatan memang sangat berisiko.

“Saat kita ngebut bisa meningkatkan risiko terjadi kecelakaan lalu lintas. Hal ini lantaran saat kecepatan tinggi maka pandangan kita akan menjadi tunnel vision,” ucap Marcell saat dihubungi Kompas.com, Senin (5/7/2021).

Baca juga: Harga Kawasaki ZX-25R per Juli 2021 dan Skema Cicilannya

Artinya, fokus pandangan hanya pada satu titik di depan saja, sedangkan pandangan kanan kiri menjadi blur (tidak jelas).

Dalam kondisi tersebut, jika ada pengendara lain yang masuk di jalur yang sama bisa saja pengemudi akan kaget, sehingga bisa melakukan tindakan yang membahayakan seperti banting setir atau rem mendadak.

Menurut Marcell, jalan sudah dirancang untuk suatu kecepatan tertentu baik lebar maupun konturnya. Jadi, saat berkendara di jalan tol maupun jalan raya sebaiknya tetap menjaga batas kecepatan maksimum yang diperbolehkan.

Ilustrasi berkendara di tol trans jawadok.HPM Ilustrasi berkendara di tol trans jawa

“Sebab, ketika pengendara memacu kendaraan hingga melebihi batas tersebut akan membuat kestabilan kendaraan menjadi berkurang,” ucap Marcell.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo juga mengatakan, adanya pembatasan mobilitas di masa pandemi Covid-19 memang membuat jumlah kecelakaan menurun.

“Memang kuantitas kecelakaan lalu lintas menurun, tapi fatalitas kecelakaan naik,” ucap Sambodo.

Baca juga: PPKM Darurat Wajib Kantongi STRP Masuk Jakarta, Begini Cara Buatnya

Maka dari itu, ia mengimbau kepada seluruh pengendara agar tetap berhati-hari saat berkendara.

Meskipun kondisi jalanan sedang lengang bukan berarti bisa memacu kendaraannya melebihi batas kecepatan yang diperbolehkan.

“Imbauan kepada pengendara walaupun jalanan sepi jangan melanggar batas kecepatan,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.