Ini Kebiasaan Buruk yang Bikin Kendaraan Lain Celaka di Jalan Tol

Kompas.com - 03/07/2021, 12:22 WIB
Mobil asal potong lajur di jalan tol INSTAGRAM/DASHCAM_OWNERS_INDONESIAMobil asal potong lajur di jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com – Video yang diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia memperlihatkan kelakuan pengemudi yang membahayakan di jalan tol.

Sebuah Innova berwarna abu-abu hampir membuat tabrakan beruntun di jalan tol karena mengerem mendadak di lajur paling kanan. Innova tersebut mengerem karena salah memilih lajur dan langsung kabur ke arah kiri.

Sayangnya mobil yang ada tepat di belakang Innova tadi mengalami tabrakan. Sangat disayangkan perilaku pengemudi seperti ini masih saja terjadi di jalan tol di Indonesia dan bisa merugikan orang lain.

Baca juga: PPKM Darurat, Perjalanan di Jabodetabek Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin ?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, sangat tidak disarankan pengemudi untuk main potong lajur dengan alasan tanggung atau tidak mau rugi.

“Kalau salah jalan, keluar jalan tol dan masuk lagi di gate depannya, Itu sudah risiko tapi aman untuk dilakukan. Jangan main potong lajur,” ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: PPKM Darurat, Polisi Tutup Akses Keluar Masuk Jakarta Mulai Hari Ini

Selain itu, Sony menyarankan untuk berkendara di lajur kiri, karena lajur dengan kecepatan paling rendah. Sehingga ketika ragu untuk menentukan arah, tidak membahayakan kendaraan yang ada di belakangnya.

“Orang Indonesia rata-rata tabu menggunakan lajur kiri, entah malas berdampingan dengan truk atau merasa jalan bebas hambatan, enggak paham aturan,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.