Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kebiasaan Buruk yang Bikin Kendaraan Lain Celaka di Jalan Tol

Kompas.com - 03/07/2021, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Video yang diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia memperlihatkan kelakuan pengemudi yang membahayakan di jalan tol.

Sebuah Innova berwarna abu-abu hampir membuat tabrakan beruntun di jalan tol karena mengerem mendadak di lajur paling kanan. Innova tersebut mengerem karena salah memilih lajur dan langsung kabur ke arah kiri.

Sayangnya mobil yang ada tepat di belakang Innova tadi mengalami tabrakan. Sangat disayangkan perilaku pengemudi seperti ini masih saja terjadi di jalan tol di Indonesia dan bisa merugikan orang lain.

Baca juga: PPKM Darurat, Perjalanan di Jabodetabek Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin ?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, sangat tidak disarankan pengemudi untuk main potong lajur dengan alasan tanggung atau tidak mau rugi.

“Kalau salah jalan, keluar jalan tol dan masuk lagi di gate depannya, Itu sudah risiko tapi aman untuk dilakukan. Jangan main potong lajur,” ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: PPKM Darurat, Polisi Tutup Akses Keluar Masuk Jakarta Mulai Hari Ini

Selain itu, Sony menyarankan untuk berkendara di lajur kiri, karena lajur dengan kecepatan paling rendah. Sehingga ketika ragu untuk menentukan arah, tidak membahayakan kendaraan yang ada di belakangnya.

“Orang Indonesia rata-rata tabu menggunakan lajur kiri, entah malas berdampingan dengan truk atau merasa jalan bebas hambatan, enggak paham aturan,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com