Helm Tak Dipakai, Ini Cara Simpan yang Benar Saat PPKM Darurat

Kompas.com - 02/07/2021, 17:22 WIB
Promo Helm Full Face di IMOS 2018 KOMPAS.com / Aditya MaulanaPromo Helm Full Face di IMOS 2018
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah RI telah resmi menetapkan pembatasan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19.

Regulasi ini akan diterapkan serentak hampir di seluruh Kota dan Kabupaten Pulau Jawa dan Bali mulai 3-20 Juli 2021.

Baca juga: Alasan Dagu Helm Motocross Panjang

Saat PPKM Darurat, bisa jadi membuat helm jadi jarang dipakai. Meski demikian bukan berarti helm tidak butuh dirawat. Justru helm yang jarang dipakai mesti lebih diperhatikan.

Cuci visor helmokezone.com Cuci visor helm

Ahmad M dari komunitas pecinta helm Belajar Helm, mengatakan, sebagai perangkat wajib berkendara kondisi helm harus selalu diperhatikan supaya fungsinya tetap maksimal saat digunakan.

“Kalau tidak dipakai dalam waktu lumayan lama, sebaiknya busa atau padding helm dilepas dan dipisahkan dengan shell helm,” ucap Ahmad, kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan melepas busa dalam maka busa helm tidak cepat kempis dan muncul bau tidak sedap. Kemudian busa sebaiknya dicuci dan disimpan di wadah yang tertutup rapat.

Baca juga: PPKM Darurat, Diler Mobil dan Bengkel Siap Ikuti Aturan Pemerintah

Busa helm juga bisa kadaluarsa.Kompas.com/Setyo Adi Busa helm juga bisa kadaluarsa.

Adapun batok dan visor helm bisa diletakkan di dalam ruangan tertutup dan tidak langsung terkena pancaran sinar matahari.

"Batok helm bisa diletakkan di rak atau lemari khusus, tujuannya agar tidak berdebu,” ujar Ahmad.

Namun kata Ahmad, bagi yang tidak memiliki tempat penyimpanan khusus, helm bisa dimasukkan ke dalam sarung bawaan helm dan disimpan di tempat yang aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.