Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Dagu Helm Motocross Panjang

Kompas.com - 02/07/2021, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bentuk helm berbagai macam. Jika diperhatikan helm untuk motocross berbeda dengan helm buat jalan raya. Helm buat trail memiliki dagu yang panjang.

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, mengatakan, bentuk seperti itu bukan sekadar biar terlihat berbeda tapi punya tujuan yang spesifik.

Baca juga: PPKM Darurat, Diler Mobil dan Bengkel Siap Ikuti Aturan Pemerintah

Juga tersedia corak baru untuk helm motocross.Shoei/motorcycle.com Juga tersedia corak baru untuk helm motocross.

"Bagian rahang lebih panjang bertujuan agar mendapat sirkulasi udara yang lebih baik. Serta meminimalisir efek pada bagian gigi dan rahang jika terjadi benturan," katanya beberapa waktu lalu.

Selain bentuk dagu, helm motocross juga biasanyamemakai pet seperti topi serta tidak dilengkapi visor atau basa disebut kaca helm.

“Pet pada helm off road juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya” kata Lucky.

Baca juga: Harga Skutik Bongsor Juli 2021, Honda dan Yamaha Mengerek Harga

Roadventure CRF150L yang digelas main dealer Wahana.ISTIMEWA Roadventure CRF150L yang digelas main dealer Wahana.

Sedangkan mengapa tidak memakai visor yakni untuk mencegah pengembunan. Pengganti visor menggunakan kacamata besar atau biasa disebut goggles yang bisa dilepas pasang.

“Saat off road, kinerja fisik lebih dipacu dan membutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk tubuh sehingga berpontensi menyebabkan pengembunan bila menggunakan visor," katanya.

"Oleh karena itu, goggles ini juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor,” ujar Lucky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com