Alasan Dagu Helm Motocross Panjang

Kompas.com - 02/07/2021, 15:41 WIB
Helm trail THX. Ghulam/KompasOtomotifHelm trail THX.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bentuk helm berbagai macam. Jika diperhatikan helm untuk motocross berbeda dengan helm buat jalan raya. Helm buat trail memiliki dagu yang panjang.

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, mengatakan, bentuk seperti itu bukan sekadar biar terlihat berbeda tapi punya tujuan yang spesifik.

Baca juga: PPKM Darurat, Diler Mobil dan Bengkel Siap Ikuti Aturan Pemerintah

Juga tersedia corak baru untuk helm motocross.Shoei/motorcycle.com Juga tersedia corak baru untuk helm motocross.

"Bagian rahang lebih panjang bertujuan agar mendapat sirkulasi udara yang lebih baik. Serta meminimalisir efek pada bagian gigi dan rahang jika terjadi benturan," katanya beberapa waktu lalu.

Selain bentuk dagu, helm motocross juga biasanyamemakai pet seperti topi serta tidak dilengkapi visor atau basa disebut kaca helm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pet pada helm off road juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya” kata Lucky.

Baca juga: Harga Skutik Bongsor Juli 2021, Honda dan Yamaha Mengerek Harga

Roadventure CRF150L yang digelas main dealer Wahana.ISTIMEWA Roadventure CRF150L yang digelas main dealer Wahana.

Sedangkan mengapa tidak memakai visor yakni untuk mencegah pengembunan. Pengganti visor menggunakan kacamata besar atau biasa disebut goggles yang bisa dilepas pasang.

“Saat off road, kinerja fisik lebih dipacu dan membutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk tubuh sehingga berpontensi menyebabkan pengembunan bila menggunakan visor," katanya.

"Oleh karena itu, goggles ini juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor,” ujar Lucky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.