Selama PPKM Darurat Ada Penyekatan Jalan di Wilayah Jateng

Kompas.com - 02/07/2021, 16:32 WIB
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi KOMPAS.com/polda jatengKapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi

SEMARANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah resmi mengumumkan untuk menerapkan aturan PPKM darurat di wilayah Jawa-Bali. Aturan ini dibuat untuk mengatasi tingginya kasus harian Covid-19 di Indonesia dalam beberapa hari terakhir.

Berbeda dari sebelumnya, PPKM darurat akan dilaksanakan lebih ketat dari aturan yang selama ini diberlakukan.

Baca juga: PPKM Darurat Jawa-Bali, Ini Aturan Perjalanan ke Luar Kota

Aturan PPKM darurat akan dilaksanakan mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021 dengan target penurunan penambahan kasus konfirmasi kurang dari 10.000 kasus per hari. Dengan adanya aturan tersebut diharap dapat membendung penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Menanggapi keputusan Presiden tersebut, Kepala Polisi Daerah Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi siap mendukung pelaksanaan PPKM Darurat di Jawa Tengah.

Lokasi penyekatan di Jalan POM IX simpang gedung DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (23/6/2021). Penyekatan itu dilakukan polisi untuk menekan mobiltas warga Palembang lantaran penyebaran Covid-19 masih berlangsung.KOMPAS.com/AJI YK PUTRA Lokasi penyekatan di Jalan POM IX simpang gedung DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (23/6/2021). Penyekatan itu dilakukan polisi untuk menekan mobiltas warga Palembang lantaran penyebaran Covid-19 masih berlangsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"PPKM darurat kita sudah siap, artinya pemberlakuan nanti tanggal 3 Juli kita sudah koordinasi dengan pak gubernur. Di antaranya pak gubernur telah menerbitkan di awal terkait lockdown di tingkat RT atau RW," kata Luthfi dalam keterangan resmi di Mapolda Jateng, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Mitos di Indonesia, Tabrak Kucing Bakal Kena Sial

Selain itu, Penyekatan di beberapa titik perbatasan di Jawa Tengah juga sudah diupayakan terutama di wilayah yang masuk ke dalam daftar zona merah. Penyekatan juga akan dilakukan di beberapa titik perbatasan wilayah Provinsi.

"Kemudian polri telah menyiapkan beberapa titik simpul dari dan ke wilayah Jawa Tengah seperti Polres Brebes sudah ada pintu masuknya, Polres Rembang sudah ada, Polres Blora, Cilacap sudah ada," kata Luthfi.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Minggu (16/5/2021)KOMPAS.com/polda jateng Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Minggu (16/5/2021)

Penjagaan di titik-titik simpul yang merupakan akses keluar dan masuk wilayah Jateng juga diperketat. Akan ada juga tindakan penyekatan dan penutupan terkait akses ke wilayah tersebut.

Baca juga: PPKM Darurat Bergulir, Pemilik Mobil Wajib Parkir di Garasi

"Tugas mereka adalah untuk mempertebal PPKM, yang kedua adalah melakukan penyekatan penutupan terkait akses dan ke wilayah itu," ucap Luthfi.

Sedangkan untuk detail mekanisme penyekatan yang akan dilakukan di sejumlah perbatasan, Luthfi belum menjelaskannya secara detail. Sanksi yang akan diberikan kepada pelanggar juga belum dijelaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.