Apa yang Dimaksud Bensin Basi pada Mobil

Kompas.com - 01/07/2021, 09:42 WIB
Ilustrasi indikator bensin youtube.comIlustrasi indikator bensin

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mobil diparkir dalam jangka waktu yang lama, sering kali kita dengar istilah "bensin basi". Tapi tak banyak yang benar-benar paham akan artinya.

Banyak yang mengira bahwa bensin memang ada masa kedaluwarsanya. Padahal, yang dimaksud dengan bensin basi tidak ada hubungannya dengan masa kedaluwarsa.

Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung Tri Yuswidjajanto Zaenuri mengatakan, yang dimaksud bensin basi terjadi karena ada ubahan unsur kimia dalam kandungan bahan bakar.

Baca juga: Benarkah Mobil Matik Bisa Lebih Irit Bensin dari Manual

Penyebab ubahan tersebut adalah karena bahan bakar yang mengendap terlalu lama di dalam tangki. Sehingga, kandungan bensin tercampur zat kimia lain.

Tangki bahan bakar Wagon R GS AGS.Febri Ardani/KompasOtomotif Tangki bahan bakar Wagon R GS AGS.

“Unsur kimia dalam bahan bakar bisa terkontaminasi dengan zat logam atau zat lainnya yang ada di tangki atau saluran bahan bakar,” ujar Yus, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yus menambahkan, kondisi tersebut akan semakin parah jika tangki tidak terisi penuh, saat malam hari atau pengaruh cuaca bisa berembun. Tangki akan tercampur kandungan air dan bisa mempercepat korosi.

Baca juga: Kenapa Mobil Baru dari Diler Diisi Bensin Hanya Setengah Tangki

"Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bensin tidak basi atau tidak terkontaminasi zat lainnya. Makanya, tangki bahan bakar usahakan harus penuh saat kendaraan ditinggal lama, atau sebaliknya dikosongkan,” kata Yus.

Menurut Yus, penting juga memanaskan mesin kendaraan secara berkala misal dua atau tiga hari sekali, agar bahan bakar bersirkulasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.