Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Isi Bensin Lebih Baik Dilakukan pada Malam Hari?

Kompas.com - 24/05/2021, 13:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengisi bahan bakar minyak (BBM/bensin) merupakan aktivitas sehari-hari yang dilakukan ketika volume tangki sudah menipis. Kebanyakan tidak mempertimbangkan waktu (malam atau siang), kapan pengisian BBM dilakukan.

Namun, ada anggapan yang mengatakan bahwa pemilik kendaraan sebaiknya melakukan isi bensin pada malam hari. Alasan yang beredar, supata mendapatkan bensin lebih banyak dibandingkan saat mengisinya di siang hari.

Bukan tanpa alasan, sebab karakter bahan bakar memang mudah menguap di siang hari. Terlebih lagi jika bahan bakar tersebut ditempatkan di dalam tangki berbahan logam, efek pemuaiannya pun akan menjadi lebih cepat.

Baca juga: Catat Pilihan PO Bus dengan Layanan Suites Class di Pulau Jawa

Secara prinsip cairan, baik itu air atau bahan bakar, dipengaruhi kondisi lingkungan sekitar. Misal, air jika diletakan dalam kulkas akan menjadi dingin dan bisa menjadi beku.

Jika dijemur di matahari maka akan menjadi hangat dan jika panas terik juga bisa memuai.

Hal ini juga berlaku untuk bahan bakar seperti bensin, jika temperatur di lingkungan sekitar turun, maka tempereaturnya juga akan ikut turun dan sebaliknya.

Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar terjadi di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau dalam beberapa minggu terakhir ini. Akibatnya antrean kendaraan mengular hampir diseluruh SPBU di Tanjungpinang.KOMPAS.com/HADI MAULANA Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar terjadi di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau dalam beberapa minggu terakhir ini. Akibatnya antrean kendaraan mengular hampir diseluruh SPBU di Tanjungpinang.

“Satu liter bensin waktu suhu dingin dan satu liter bensin waktu panas, jika ditimbang pasti beratnya tidak sama,” ujar Business Unit Head SPBU Pertamina Cirebon Agung Santoyo saat dihubungi Kompa.com belum lama ini.

Agung melanjutkan, sudah pasti akan lebih berat yang suhunya dingin. Namun, untuk perbedaannya tidak terlalu berpengaruh pada perubahan volume bahan bakar.

Baca juga: Benarkah Motor Injeksi Tak Boleh Sampai Kehabisan Bensin?

Untuk Jakarta, suhu siang hari bisa mencapai 32 derajat celcius, saat malam akan turun menjadi 29 hingga 30 derajat celcius. Perbedaan dua derajat itu tidak terlalu berpengaruh pada volume bahan bakar.

“Kalau untuk jumlah tidak terlalu signifikan, apalagi di isi ke tangki mobil atau motor. Kecuali mobil truk yang kapasitas tangki pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) mencapai 8000 liter,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com