Kompas.com - 29/06/2021, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemudahan dalam pengoperasian menjadi salah satu alasan mobil transmisi otomatis atau matik saat ini kerap dipilih oleh konsumen, terkhusus di wilayah perkotaan.

Selain itu, mobil jenis ini juga dianggap memiliki tingkat konsumsi bensin atau bahan bakar minyak (BBM) yang lebih rendah atau irit daripada mobil manual, selain tingkat kenyamanan cukup tinggi.

Lantas benarkah anggapan demikian?

Dihubungi Kompas.com, Head Product Improvement Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, memang tidak sedikit masyarakat yang menilai bahwa mobil matik saat ini, lebih hemat bensin dibandingkan mobil manual.

Baca juga: Simak Tips dalam Membeli Mobil Tua

Ilustrasi mobil bekas di segmen Low MPVKompas.com/Setyo Adi Ilustrasi mobil bekas di segmen Low MPV

Padahal, kata Bambang, kenyataannya mobil dengan transmisi manual secara teknis justru bisa lebih hemat dari matik. 

“Misalnya dalam kondisi macet, mobil matik akan menggerakkan lebih banyak komponen dibanding manual. Seperti dari posisi netral, ia menggunakan mesin dan pompa," kata dia belum lama ini.

"Sementara mobil manual menggerakkan mesin saja. Jadi, matik lebih boros bahan bakar," lanjut Bambang.

Namun, hal berbeda diungkapkan oleh Hermas Efendi Prabowo dari bengkel spesialis Worner Matic Hermas. Menurutnya, mobil matik keluaran terbaru sudah lebih hemat dalam hal konsumsi bahan bakar dibandingkan mobil manual.

“Sebab, di matik itu sekarang torsi dan tenaganya yang ditransfer dari mesin ke roda bisa mencapai 100 persen. Kalau mobil matik yang lama, tenaga yang diteruskan tidak sampai 100 persen, hanya bisa 98 persen,” kata dia.

Baca juga: Update Sang Macan dari Bali Garapan AMS Garage

Ilustrasi berkendara mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi berkendara mobil

Selain itu, mobil matik terbaru sudah banyak menggunakan beragam teknologi canggih. Salah satunya adalah torque conventer clutch yang berfungsi mengurangi efek slip dari transmisi matik.

Dengan begitu, tenaga yang disalurkan ke roda depan bisa 100 persen atau sempurna atau 100 pesen. Pada beberapa merek, produsen juga sudah menyematkan mode berkendara Eco.

“Mode berkendara ini membuat perpindahan gigi 1,2 dan 3 lebih cepat,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.