Cara Merawat Mobil Matik agar Tidak Cepat Rusak

Kompas.com - 30/06/2021, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil transmisi matik yang jarang digunakan oleh pemilik kendaraan perlu dilakukan perawatan. Namun, perawatannya bukan hanya sekadar memanaskan mesin.

Hermas Efendi Prabowo dari bengkel Worner Matik mengatakan, mesin perlu dihidupkan setidaknya 3 kali sehari. Hal ini bertujuan untuk menghindari sel akinya beku. Sebab, jika sel aki beku, bisa dipastikan komponen tersebut mengalami kerusakan.

Baca juga: Protokol Ketat pada Ajang Sentul Drag Fest, Peserta Wajib Tes Antigen

“Kalau mesin lama tidak dihidupkan, yang dikhawatirkan adalah bagian crankshaft dan camshaft menjadi kering atau tidak terlumasi. Selain itu, oli juga bisa mengental. Jika sudah seperti itu, saat mesin dihidupkan bisa muncul suara kasar,” ucap Hermas kepada Kompas.com, pekan lalu.

Ilustrasi reservoir air radiatorautoguru.com.au Ilustrasi reservoir air radiator

Soal memanaskan mesin, Hermas mengatakan, cukup 15 menit saja atau sampai air radiator bersirkulasi. Pasalnya, jika air radiator tidak bersirkulasi, dikhawatirkan terjadi pengendapan dan bisa menimbulkan korosi.

“Setelah mesin dihidupkan dan dalam keadaan idle, geser tuas transmisi ke semua posisi. Biarkan selama 5 detik, untuk memastikan semua clutch terlumasi dengan baik. Jalankan mobil agar kampas rem tidak mengunci,” kata dia.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Perhatikan Ini Saat Modifikasi Knalpot Mobil

Kemudian, pastikan semua sistem bekerja dengan baik, mulai dari AC, lampu sein, lampu utama, lampu hazard, lampu rem, lampu mundur, klakson, lampu kabin, hingga power window.

“Hal itu dilakukan untuk memastikan semua sistem bekerja dengan baik dan mobil selalu siap digunakan ke mana saja dan kapan pun dibutuhkan, tanpa perlu merasa khawatir,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.